Peringati Hari Santri Nasional, H M Toyib Pimpin Apel di Pondok Pesantren Bayt Al Hikmah


SAMBAR.ID// PASURUAN - Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) pada tanggal 22 Oktober 2024 Pondok Pesantren (Ponpes) Bayt Al Hikmah Jl. Rambutan, Kelurahan Krampyangan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan, mengelar upacara bendera di depan halaman.

Upacara bendera dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Pasuruan H. M. Toyib yang dihadiri oleh Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Rudiyanto, AP, M.M., Kepala OPD dan pejabat Pemkot Pasuruan, serta perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Pasuruan dan organisasi keagamaan serta ratusan santri. Selasa (22/10/24)

Dalam sambutannya, H. M. Toyib membacakan pesan dari Menteri Agama RI yang menekankan pentingnya peran santri dalam sejarah perjuangan bangsa yang merujuk pada peristiwa Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945.


Seruan resolusi berisi untuk berjihad dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia, yang memuncak pada pertempuran 10 November 1945, kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

“Peristiwa Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945 tidak bisa dipisahkan dari peristiwa 10 November 1945. Tanpa Resolusi Jihad, belum tentu terjadi peristiwa 10 November,” jelasnya.

Bertema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan”, sebuah penegasan bahwa santri masa kini memiliki tugas untuk meneruskan perjuangan para pendahulu yang telah berjuang tanpa kenal lelah demi Kemerdekaan dan keutuhan Bangsa.

“Jika para pendahulu berjuang melawan penjajah dengan angkat senjata, maka santri saat ini berjuang melawan kebodohan dan kemunduran dengan angkat pena,” tuturnya.

H. M. Toyib juga menjelaskan bahwa Hari Santri bukan hanya milik santri atau pesantren, tetapi milik seluruh elemen Bangsa yang mencintai Negara. 

“Saya mengajak seluruh komponen Bangsa, apapun latar belakangnya, untuk turut serta merayakan Hari Santri ini,” ucapnya.

Ia juga berpesan kepada para santri agar terus semangat dalam menimba ilmu dan berinovasi demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

“Rengkuhlah masa depan dengan semangat dan ketekunan. Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Teruslah berinovasi dan berkontribusi untuk meraih kegemilangan masa depan Indonesia,” pungkasnya. (Ilmia)

Lebih baru Lebih lama