Polsek Jatiwangi Gelar Cooling System Untuk Jaga Stabilitas Jelang Pilkada 2024




Sambar. Id Majalengka || Menjelang Pilkada 2024, Polsek Jatiwangi, Polres Majalengka, Polda Jabar, aktif melakukan kegiatan Cooling System sebagai langkah preventif untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Kegiatan yang digelar di wilayah hukum Polsek Jatiwangi pada Senin (14/10/2024) ini bertujuan untuk menciptakan suasana yang aman, kondusif, dan terkendali di tengah dinamika politik.


Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto, S.I.K., M.H., M.Si., CPHR, melalui Kapolsek Jatiwangi, AKP Rudy Djunardi M., S.H., M.H., menjelaskan bahwa Cooling System menjadi bagian penting dari upaya pengamanan dalam rangka Pilkada 2024. "Pilkada 2024 adalah pesta demokrasi yang harus menjadi bukti kematangan demokrasi di wilayah hukum Polsek Jatiwangi, dengan terselenggaranya pilkada dalam keadaan aman dan kondusif," ujar Kapolsek.


Kapolsek juga menegaskan bahwa Polri, dengan didukung oleh TNI dan unsur pemerintahan serta stakeholder terkait lainnya, siap mengawal dan mengamankan jalannya Pilkada melalui sandi Operasi Mantap Praja. "Polri dengan TNI dan unsur pemerintahan lainnya berkomitmen untuk mensukseskan Pilkada 2024. Operasi Mantap Praja akan memastikan seluruh tahapan Pilkada berlangsung aman, damai, dan demokratis," tambahnya.


Sebagai langkah antisipasi terhadap berbagai potensi gangguan, Polsek Jatiwangi tidak menganggap remeh situasi dan tetap melakukan berbagai upaya untuk menjaga kondisi yang kondusif. Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terus dilakukan, dengan mengajak seluruh elemen bangsa untuk turut menjaga stabilitas Kamtibmas. "Kami berusaha menciptakan kondisi yang aman dengan melibatkan seluruh masyarakat dalam upaya menjaga keamanan, terutama jelang Pilkada," jelas Kapolsek.


Cooling System juga menjadi strategi untuk mencegah polarisasi yang disebabkan oleh berita hoax, isu SARA, propaganda, dan kampanye hitam. Upaya ini dilakukan dengan tetap berpegang pada prinsip proporsionalitas, legalitas, akuntabilitas, dan kebutuhan yang mendesak. "Langkah-langkah ini diambil untuk memastikan bahwa situasi politik tetap terkendali dan masyarakat dapat mengikuti proses Pilkada dengan tenang," pungkas AKP Rudy Djunardi.


Dengan pendekatan ini, Polsek Jatiwangi berharap Pilkada 2024 dapat berjalan lancar dan menjadi cerminan dari demokrasi yang matang di Kabupaten Majalengka, serta menciptakan suasana yang aman dan damai di tengah masyarakat. @Budi

Lebih baru Lebih lama