Polres Jepara Gelar Apel Besar Bhabinkamtibmas Jelang Pilkada 2024, Fokus Pada Kesiapan Dan Profesionalisme


SAMBAR.ID, Jepara - Polres Jepara | Kepolisian Resor (Polres) Jepara, Polda Jawa Tengah, menggelar apel besar Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk memastikan kesiapan pengamanan Pilkada 2024.


Kegiatan apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan yang diwakili Kabag Ren Kompol Siswanto dengan diikuti pejabat utama dan seluruh personel Bhabinkamtibmas yang bertempat di halaman Mapolres setempat, pada hari Kamis (24/10/2024).


Diketahui, dalam kegiatan apel besar itu juga diserahkan rompi anti sayat dan senter kepada jajaran Bhabinkamtibmas Polres Jepara.


Dalam sambutannya, Kabag Ren Kompol Siswanto menekankan pentingnya peran Bhabinkamtibmas dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat selama proses Pilkada 2024.


“Pilkada Kabupaten Jepara sudah didepan mata. Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Polri di masyarakat harus aktif menjaga Kamtibmas di desa-desa binaan. Persiapan yang matang sangat diperlukan untuk memastikan situasi tetap kondusif,” ujarnya.


Kabag Ren menekankan agar Bhabinkamtibmas memahami karakteristik wilayah binaannya serta potensi kerawanan yang mungkin terjadi selama pelaksanaan Pilkada. Selain itu, mereka juga harus mampu memetakan potensi masalah dan menjadi penengah dalam setiap konflik yang timbul di masyarakat.


“Saya minta kalian sering turun ke lapangan, merangkul masyarakat agar Pilkada dapat berjalan aman, sejuk, dan damai. Yang terpenting bukan kuantitas kehadiran, tetapi kualitas interaksi yang terjalin,” tambahnya.


Untuk mendukung tugas tersebut, Kompol Siswanto mengingatkan pentingnya kompetensi yang harus dimiliki Bhabinkamtibmas, seperti kepekaan sosial, kemampuan berinovasi, publik speaking yang baik, serta kemampuan berkomunikasi yang efektif dengan masyarakat.


"Keberadaan Bhabinkamtibmas harus memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Saya tidak segan memberikan penghargaan kepada mereka yang menunjukkan kinerja terbaik,” imbuhnya.


Kompol Siswanto juga menyoroti pentingnya pemeliharaan sarana dan prasarana penunjang. Ia mengingatkan agar setiap kendala teknis, seperti kerusakan atau kehabisan bahan bakar, segera dilaporkan agar tidak menghambat pelaksanaan tugas.


“Tidak ada alasan untuk tidak siap. Negara telah memberikan anggaran yang cukup serta sarana prasarana yang memadai. Semua harus siap, baik personel maupun peralatannya,” tegasnya.


Kabag Ren mengajak seluruh Bhabinkamtibmas untuk selalu bertindak profesional dan menjaga citra Polri di tengah masyarakat. Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat kepada institusi Polri, khususnya dalam momentum Pilkada 2024.


Setelah pelaksanaan apel, kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan kendaraan bermotor dan inventaris yang dimiliki oleh Bhabinkamtibmas.


Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh peralatan yang ada dalam kondisi baik dan siap digunakan.


Kompol Siswanto memberikan arahan agar seluruh Bhabinkamtibmas selalu waspada dan cepat tanggap terhadap segala potensi gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi menjelang maupun selama Pilkada berlangsung.


Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Polres Jepara untuk memastikan bahwa seluruh personel dan sarana prasarana yang dimiliki siap digunakan untuk menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Jepara.



Editor : Toni

Sumber : humas polres Jepara 

Lebih baru Lebih lama