PEMERINTAH DESA KARANGTENGAH KECAMATAN KADUNGORA, RENCANAKAN BANTUAN PERTANIAN KEPADA TARUNA TANI


SAMBAR.ID, GARUT, JABAR - Pemerintah desa Karangtengah kecamatan Kadungora kabupaten Garut, melalui organisasi sosial kemasyarakatan yang berfokus pada pengembangan generasi muda desa atau yang disebut karang taruna, sudah merencanakan kegiatan peningkatan ketahanan pangan dengan cara mengucurkan anggaran dana desa melalui program bantuan pertanian.


Ketua karang taruna desa Karangtengah Deni Herudin Ependi yang dikonfirmasi awak media pada Rabu 16 Oktober 2024 di aula desa Karangtengah, membenarkan adanya perencanaan desa untuk menyalurkan program bantuan peningkatan ke tahanan pangan bagi masyarakat yang bernaung pada kelompok taruna tani wilayah desa Karangtengah.



“Program tersebut merupakan program baru yang akan dilaksanakan secara simbolis kepada ketua kelompok taruna tani dengan jadwal pelaksanaannya belum bisa ditentukan karena masih diperlukan sebelumnya rapat koordinasi dengan berbagai pihak desa Karangtengah. dan program ini juga merupakan program lanjutan dari program masa pandemik Covid-19 pada tahun lalu, ada pun program bantuan yang akan disalurkan itu berupa bibit tanaman cabe rawit/cengek, pupuk, polybag, obat-obatan tanaman, dan alat lain pertanian”.


Harapan kami lanjut Deni yang akrab disapa Deni Macan, “Program ini nantinya dapat bermanfaat bagi anggota kelompok taruna tani yang membutuhkan lahan untuk menanam tanaman tidak perlu menggunakan lahan yang luas, cukup polybag saja yang ditata. Dan semoga program ini dapat terwujud secepatnya, lalu bisa berjalan lancar sebagai program berkelanjutan untuk ke depan”, jelasnya.


Sementara itu, ketua kelompok taruna tani desa Karangtengah Udep Santika, S.Pd. menyambut baik dan berterima kasih banyak atas perencanaan pemerintah desa yang akan mengucurkan bantuan pertanian.


“Semoga program ini dapat bermanfaat bagi anggota taruna tani dan menjadi program yang berkelanjutan, tidak hanya sekali ini saja, sehingga kelompok taruna tani ini dapat berkolaborasi dengan pihak desa dan kelompok tani lainnya dalam memajukan pertanian di wilayah desa Karangtengah”, pungkasnya.

 

 

Jurnalis :Agus Suhana (Kabiro Garut)

Lebih baru Lebih lama