Pasukan Makodim 0321 Gercep Lakukan Langkah Percepatan Tangani Bencana Banjir Di Tengah Masyarakat




SAMBAR.ID ROHIL || Pada Hari Ini Senin Tanggal 6 Oktober 2024 mengabarkan "Personel Kodim 0321/Rohil yang dipimpin Letkol Kav. Nugraha Yudha Prawiranegara S.IP gerak cepat dalam segala bidang, kali ini Dandim 0321/Rohil beserta anggotanya melakukan kegiatan penanganan Bencana Banjir yang diakibatkan tingginya curah hujan yang terjadi beberapa hari yang lalu. 


Personel Kodim 0321/Rohil dipimpin langsung oleh Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara S.IP tiba di pintu air hendak melakukan pemompaan air, Dandim terkejut melihat Pintu air yang tinggi sekali sehingga air tidak bisa lewat. 


"Tapi walaupun kondisi bangunan ini kurang berfungsi secara optimal, tetap harus dirawat agar dapat di fungsikan untuk mengantisipasi curah hujan yang deras atau terjadinya pasang surut, sehingga air yang masuk bisa cepat keluar dan tidak tersumbat" ujar Dandim. 


Seharusnya, pintu airnya posisi kedudukannya lebih rendah lagi sehingga air yang datang dari pemukiman manapun bisa cepat surut, terkait dinas yang terkait atau yang berkepentingan seharusnya bisa mengkaji terlebih dahulu melalui konsultan yang memahami tinggi rendahnya air pasang surut yang datang. 


Hal seperti ini jangan sampai terulang kembali jika ingin untuk membuat pintu air di lokasi yang lain" sambung Dandim. 


"Pembangunan seperti bukan semata menggunakan uang pribadi, ini yang digunakan uang rakyat lo" tegas Dandim kembali. 


Seperti alat berat Excavator milik PUTR juga harus di inventarisir dan diprioritaskan untuk penanganan banjir yang setiap tahunnya datang. Alat itu dibeli oleh negara dari sumber uang rakyat, jadi harus diutamakan kepentingan rakyat apalagi dalam situasi banjir seperti saat ini, saat ini unit Excavator sangat butuhkan, khususnya penggalian dan normalisasi semua parit yang arah pembuangan air ke Sungai Rokan harus dibersihkan, ungkap Dandim.


Status tanggap darurat bencana saat ini artinya semua lini harus terlibat dan berbuat sesuai fungsinya tidak hanya unsur terkait BPBD saja atau DLHK. Mari kita maksimalkan kekuatan yang dimiliki masing-masing instansi untuk membantu masyarakat yang saat ini sedang dilanda banjir agar segera surut, imbuhnya.


Laporan: Tim Jurnalis ((Legiman))

Lebih baru Lebih lama