Orasi Ilmiah Automatic Speech Recognition Indah, Penerapan AI Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Oleh Dr.Indah Muzdalifah M. Pd 2024





Sambar.id Rohil - Pekanbaru Riau Pada tanggal 15 Oktober 2024 dalam rangka yudisium fakultas ilmu komputer Universitas Lancang Kuning ke 29, Dr. Indah Muzdalifah, M.Pd menyampaikan orasi ilmiahnya yg berjudul Automatic Speech Recognition Indah penerapan AI untuk pembelajaran Bahasa Inggris. Orasi ilmiah ini merupakan bagian dari karya tulis ilmiah disertasi beliau ketika menyelesaikan studi S3 di ilmu keguruan bahasa universitas negeri Padang Beliau menjelaskan bahwa lulusan mahasiswa fakultas ilmu komputer universitas lancang kuning .


"Akan dihadapi dengan tantangan revolusi industri 4.0 dimana sekitar 23 juta pekerjaan manusia akan digantikan secara otomatis oleh mesin pada tahun 2030. Namun, mahasiswa Fasilkom saat ini sudah berada di jalur atau bidang ilmu yang tepat yaitu dunia digital, ujarnya.


Bahwa kecerdasan buatan atau yang dikenal dengan artificial inteligen (AI) telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Hal ini terbukti dari penelitian disertasi beliau terkait dengan penggunaan website yang di rancang dan kembangkan melalui penelitian research and development berjudul pengembangan Automatic Speech Recognition Indah (ASRI).


Dalam melakukan penelitian ini mengkaji tentang penggunaan sebuah website yg diterapkan pada mata kuliah pronunciation. 


Ide dan gagasan penelitian tersebut beliau peroleh dari pengalaman mengajar MKDU bahasa Inggris selama lebih kurang 8 tahun di Universitas Lancang Kuning.


Telah banyak penelitian yang mengkaji tentang ASR, namun kebaruan penelitian beliau terletak pada kata INDAH yang merupakan singkatan dari interactive, notification, design, accurate, dan handy. Hasil penelitian beliau telah membuktikan penerapan AI dalam pembelajaran bahasa inggris dapat membantu mahasiswa memahami pronunciation yang baik dan benar, penelitian beliau juga menghasilkan 2 produk sekaligus yaitu website ASRI dan buku pembelajaran pronunciation.



Dr. Indah Muzdalifah, M.Pd juga menyampaikan bahwa salah satu pangsa pasar bagi lulusan mahasiswa fakultas ilmu komputer adalah kolaborasi antara teknologi dengan dunia pendidikan. Pendidikan khususnya bidang bahasa sangat membutuhkan sentuhan teknologi sebagai media yang dapat membantu pembelajaran bahasa.


Orasi ilmiah ini dihadiri oleh rektor universitas lancang kuning Prof. Dr. Junaidi, S.S.M.Hum., P.hD, wakil rektor 1 Dr. Zamzami, M.Kom, Dekan fakultas ilmu komputer Dr. Yogi Yunefri, M.Kom, wakil dekan 1,2,3 serta jajaran pimpinan fakultas ilmu komputer universitas lancang kuning.


Laporan: Tim Jurnalis ((Legiman))


Sumber: Rilis

Lebih baru Lebih lama