Lukman Dahlan Sambangi Kantor Imigrasi Makassar

Sambar.id, Makassar, Sulsel - Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sinjai, Lukman Dahlan menyambangi Kantor Imigrasi Makassar di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Rabu (09/10/2024).


Kedatangannya diterima langsung Kepala Kantor Imigrasi Makassar, Abdi Widodo Subagio bersama jajaran.


Pada pertemuan tersebut dibahas rencana implementasi kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dengan Kantor Imigrasi Makassar dalam hal pelayanan keimigrasian.

Baca Juga: Program Media Sambar.id Berbagi kembali Bersama Resto Ayam Penyet Surabaya, Bagi-bagi Warga Paket Nasi Kotak

Lukman Dahlan mengutarakan, bahwa sebelumnya telah dilaksanakan penandatanganan kerjasama (MoU) antara Bupati Sinjai dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) terkait layanan keimigrasian.


Dikatakan, saat ini di Kabupaten Sinjai telah memiliki Mall Pelayanan Publik (MPP) yang telah beroperasi selama setahun, namun layanan keimigrasian belum berjalan.


Sehingga Pj Bupati Sinjai, Andi Jefrianto Asapa menginstruksikan kepada dirinya untuk melakukan percepatan implementasi layanan keimigrasian sesuai dengan MoU yang telah ditandatangani bersama Kepala Kanwil Kemenkumham Sulsel beberapa bulan lalu.

Baca Juga: Wartawan Sambar id Jadi Saksi Kasus Korupsi Timah Terdakwa Suami Artis Sandra Dewi

"Atas perintah Pj Bupati Sinjai bapak Andi Jefrianto Asapa, beliau menginginkan agar layanan keimigrasian segera direalisasikan agar masyarakat Sinjai ketika ingin mengurus paspor, cukup datang di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Sinjai," jelasnya.


Setelah pertemuan koordinasi ini, Lukman Dahlan memastikan pelayanan keimigrasian, khususnya paspor akan segera beroperasi pada bulan November 2024 mendatang di MPP dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat Sinjai.


"Dengan demikian, urusan paspor bagi warga Kabupaten Sinjai yang ingin ke luar negeri, atau ingin berangkat ke tanah suci untuk umroh atau naik haji, itu tidak perlu lagi ke Makassar atau ke Parepare,"tuturnya.

Baca Juga: Kasus Hilangnya 1 Kilogram Sabu: Kasat Narkoba Polresta Barelang Masih Jalani Sidang Etik

"Insya Allah, Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai bekerjasama dengan Kantor Imigrasi Makassar akan membuka layanan paspor di MPP Kabupaten Sinjai,” tambahnya


Dalam waktu dekat ini, Kepala Kantor Imigrasi Makassar, Abdi Widodo Subagio akan berkunjung ke Kabupaten Sinjai untuk bertemu langsung dengan Pj Bupati Sinjai, Andi Jefrianto Asapa untuk membicarakan teknis pelayanan keimigrasian di Kabupaten Sinjai ke depan. (Tim Website)

Lebih baru Lebih lama