Lembaga Adat Melayu Jambi Bakal Kunjungi Rejang Lebong




Sambar.id Bengkulu - Jika tidak ada aral melintang, Jum’at, 1 November 2024, Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi akan melakukan study banding di Rejang Lebong.



Rencananya, rombongan LAM Jambi akan disambut Pjs.Bupati, Dr.H.Herwan Antoni, SKM, MKes, MSi dan Badan Musyawarah Adat (BMA) Rejang Lebong.



‘’Rombongan LAM Jambi akan kita sambut di Sekretariat BMA pukul 08.00 WIB, Jum’at, (1/11). Lalu, kita akan memaparkan peran BMA yang berkolaborasi dengan Restorasi Justice Kejari dalam menangani kasus-kasus hukum yang terjadi di masyarakat. Hingga saat ini BMA sudah menangani 428 kasus sengketa masyarakat. Pemaparan materi itu akan dihadiri Pak Bupati, serta perwakilan Kejari dan Polres,’’ jelas Ketua BMA Rejang Lebong, Ir.H.Ahmad Faizar dalam rapat persiapan penyambutan LAM Jambi di ruang bupati, pukul 09.00 WIB, Rabu, (23/10).



Rapat persiapan penyambutan tim LAM Jambi itu dipimpin Pjs. Bupati, Dr.H.Herwan Antoni, SKM, MKes, MSi. Serta dihadiri Sekdakab, Yusran Fauzi, ST, Asisten I Setdakab, Pranoto Majid, SH, MSi, Kadis DPMPTSP, Zulkarnain, SH dan Kadis Dikbud, Drs.Noprianto, MM. 



Dikatakan, salah satu kasus hukum yang paling menonjol ditangani BMA adalah kasus AN, mahasiswi asal Curup yang sempat viral di Medsos karena video mandinya beredar. Sedang penyebar videonya adalah mantan pacar AN.



‘’Kini perkaranya sudah ditangani Polda Jambi dan mantan kekasih AN sudah menjalani proses hukum. Untuk membantu AN, BMA telah menurunkan 3 pengacara untuk mendampingi An,’’ jelas Ahmad Faizar.



Usai menyimak paparan BMA dan berdiskusi, tim LAM Jambi akan menunaikan Shalat Jumat di Masjid Agung Curup. Setelah itu tim LAM akan menikmati santap siang di rumah dinas bupati.



‘’Setelah santap siang, tim LAM akan mengunjungi museum Abdullah di rumah saya di Simpang Lebong,’’ tutur Ahmad Faizar.



Sedangkan Pjs.Bupati, Dr.H.Herwan Antoni, SKM, MKes, MSi meminta para pihak terkait mulai dari BMA, Dinas Dikbud dan Bagian Umum Setdakab untuk dapat membantu prosesi penyambutan Tim LAM Jambi. Dan bagian protocol diminta mendukung persiapan penyambutan LAM Jambi.



‘’BMA silahkan inventarisir siapa-siapa yang akan diundang. Dikbud yang membuat undangannya dan undangannya akan teken. Bagian umum juga tolong siapkan perlengkapan yang dibutuhkan dalam prosesi penyambutan tamu kita ini. Sedangkan pada malam ramah tamah di rumah dinas nanti juga tolong siapkan penyanyi dan tari yang akan ditampilkan. Jika ada waktu tim LAM ini kita ajak Podcast di Diskominfo atau jalan-jalan ke objek wisata kita,’’ demikian bupati. ( SJ )
Lebih baru Lebih lama