Kodim 1314/Gorut Dan Dinas Peternakan Gorut Jalin Kerjasama Tingkatkan Ketahanan Pangan




Sambar.id Gorontalo - Gorontalo Utara 25 Oktober 2024. Komando Distrik Militer (Kodim) 1314/Gorontalo Utara bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gorontalo Utara terus berkomitmen dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan di wilayah. 


Salah satu bentuk sinergi yang konkrit adalah peninjauan langsung terhadap kandang ayam kelompok usaha bersama (KUB) yang berada di Makodim 1314/Gorut.


Kegiatan peninjauan ini dihadiri langsung oleh Dandim 1314/Gorut, Letkol Inf Rayner D.R Wajong, beserta jajarannya, dan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gorontalo Utara, Dr. Rusli Akase, SE.,M.Si, beserta staf.


"Peninjauan ini merupakan wujud nyata dari kolaborasi antara TNI dan pemerintah daerah dalam mendukung program ketahanan pangan," ujar Dandim 1314/Gorut. "Kami berharap, dengan adanya kandang ayam KUB ini, dapat menjadi contoh bagi masyarakat untuk turut serta dalam upaya mewujudkan kemandirian pangan."



Dalam peninjauan tersebut, ditemukan bahwa populasi ayam KUB Kodim 1314/Gorut saat ini mencapai sekitar 100 ekor dengan usia sekitar 2 bulan 10 hari. Kondisi kandang ayam dinilai cukup baik dan sesuai dengan standar peternakan. Sebagai bentuk dukungan lebih lanjut, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gorontalo Utara memberikan bantuan berupa bahan disinfektan untuk menjaga kesehatan ternak.


Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gorontalo Utara, Dr. Rusli Akasse, menyampaikan apresiasi atas inisiatif Dandim 1314/Gorut dalam mengembangkan peternakan ayam. "Kerja sama ini sangat penting untuk meningkatkan produksi pangan lokal dan memenuhi kebutuhan masyarakat," ungkapnya.


Keberhasilan program kandang ayam KUB di Kodim 1314/Gorut diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi Satuan jajarannya dan masyarakat umum untuk turut serta dalam pengembangan peternakan ayam. Dengan demikian, ketahanan pangan di Kabupaten Gorontalo Utara dapat terus ditingkatkan.

( syarief 01 )

Lebih baru Lebih lama