Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Majalah Suport Kegiatan Kepemudaan




Sambar.id Majalengka - Pemerintah Kabupaten Majalengka menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 tahun 2024 tingkat Kabupaten , bertempat di alun - alun Kecamatan Maja, Senin (28/10/2024).


Pembina Upacara peringatan Sumpah Pemuda, Pj Bupati Dedi Supandi, dengan peserta upacara, SMA /MAN Maja, Pramuka, Ormas Pemuda, ASN dan undangan.


Pj Bupati, Dedi Supandi dalam sambutanya mengatakan peringati Hari Sumpah Pemuda yang ke-96. Momen bersejarah ini mengingatkan kita semua pada kekuatan tekad dan semangat persatuan yang ditunjukkan oleh para Pemuda Indonesia pada 28 Oktober 1928, sebuah langkah yang menjadi fondasi kuat dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa.



Melalui tema “Maju Bersama Indonesia Raya” yang diangkat pada peringatan tahun ini menegaskan komitmen kita untuk terus melibatkan pemuda dalam setiap aspek pembangunan bangsa. Pemuda adalah agen perubahan dan pilar utama dalam menghadapi tantangan global. 


Ada tiga karakter penting yang harus dimiliki oleh setiap pemuda untuk memimpin indonesia menuju kejayaan: integritas, kapasitas keahlian, dan karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional.


Pertama, integritas yang tinggi adalah fondasi utama bagi setiap pemuda dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Kami berharap pemuda di majalengka mampu menjaga nilai-nilai moral dan etika ini dalam setiap tindakan mereka.


Kedua, kapasitas keahlian yang mumpuni. Pemuda yang berpendidikan dan terampil adalah modal penting bagi kemajuan daerah. 


Di Kabupaten Majalengka, Pemerintah terus mendukung peningkatan keterampilan dan pendidikan pemuda melalui berbagai program.


" Salah satu bentuk nyata dari komitmen ini adalah program pembinaan dan pemilihan Wirausaha Muda Unggulan (WMU) yang telah diikuti oleh 70 pemuda dari berbagai bidang usaha seperti kuliner, kriya, jasa, fashion, dan IT. Kami berharap program ini dapat membantu mencetak wirausaha muda yang kompeten dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional," ujar Pj Bupati.


Selain itu, pemuda pelopor terbaik Majalengka juga telah mengharumkan nama daerah di tingkat provinsi dengan meraih penghargaan di bidang seni, teknologi tepat guna, dan pangan. Hal ini membuktikan bahwa pemuda majalengka memiliki potensi besar dalam berbagai sektor.



Ketiga, karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional sangat penting. Kami juga telah membentuk 52 pemuda kader lingkungan dan bencana, yang berasal dari setiap kecamatan di Majalengka. Mereka akan menjadi bagian dari tim saber kebersihan kecamatan, sebuah inisiatif yang mendukung kebersihan dan lingkungan yang sehat di seluruh wilayah.


" Pemkab Majalengka juga mensuport organisasi pemuda supaya berjalan dengan baik, di antaranya melalui penyaluran dana hibah sebesar Rp. 650 juta untuk Kwartir Cabang Pramuka dan Rp. 350 juta untuk KNPI . Hibah ini diharapkan dapat mendorong kegiatan kepemudaan dan memperkuat peran mereka dalam pembangunan daerah." harap Dedi.


Sebagai langkah selanjutnya, kami juga sedang mengimplementasikan PP 53/2023 tentang koordinasi lintas sektor layanan kepemudaan, yang mencakup penyusunan rencana aksi daerah dan pembentukan sekretariat layanan kepemudaan. Langkah ini bertujuan untuk memperkuat koordinasi dan sinergi antarinstansi dalam pelayanan kepada pemuda, serta mendukung peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di Kabupaten Majalengka.


Kami yakin bahwa dengan adanya program-program ini, pemuda di Majalengka akan menjadi generasi yang berkarakter, berdaya saing, dan siap menghadapi tantangan global.

(Bens)

Lebih baru Lebih lama