Diskanak Sumedang Pastikan semua Desa/Kelurahan dapat Bantuan Ayam Sentul



SAMBAR.ID, SUMEDANG -Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang memastikan 277 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Sumedang mendapatkan bantuan ayam sentul. Kepala Diskanak Sumedang Tono Suhartono mengatakan hingga Oktober 2024 ini hampir semua Desa dan Kelurahan sudah mendapatkan bantuan ayam sentul tersebut.


Memang masih ada beberapa Desa yang belum mendapatkan dan jumlahnya kurang dari 20 Desa dengan target bulan November 2024 ini tuntas seluruhnya," jelas Tono Selasa, 15 Oktober 2024


Ditambahkan Tono selain Desa yang belum mendapatkan bantuan, pihaknya juga masih akan mengganti ayam ayam yang mati dan saat ini pihaknya masih mendata desa mana yang kurang. "Untuk ayam yang mati ini memang sangat dimungkinkan terutama untuk Desa Desa yang jaraknya jauh sehingga ayam mengalami masalah saat dikirim," jelasnya. Dijelaskan Tono untuk bantuan ayam sentul ini tiap desa mendapatkan 40 ekor ayam dan bantuan ini diberikan kepada kelompok.


Sebelumnya Desa membentuk kelompok yang anggotanya adalah keluarga yang sudah masuk DTKS (data terpadu kesejahteraan sosial)," tambahnya. Karena lanjut Tono tujuan pemberian bantuan ini adalah untuk membantu keluarga kurang mampu dengan harapan bisa menambah pendapatan mereka. Dikatakan Tono ayam sentul ini memiliki keunggulan karena bisa bertelur setiap hari dan ketika sudah tidak produktif bisa dimanfaatkan dagingnya.


Lebih lanjut dikatakan Tono, pihaknya Diskanak Sumedang tentunya berharap kelompok yang mendapatkan bantuan bisa memelihara ayam sentul ini dengan baik sehingga bisa menghasilkan. "Kami juga akan melakukan pengawasan dan kelompok mesti memberikan laporan secara berkala jangan sampai ayam bantuan ini hilang," jelasnya.

Lebih baru Lebih lama