Cegah Sedari Dini, Ratusan Personel Polres Jepara Ikuti Pemeriksaan Kesehatan


SAMBAR.ID, Jepara - Polres Jepara | Untuk mengetahui kondisi kesehatan personelnya, Kepolisian Resor (Polres) Jepara melalui Seksi Dokter dan Kesehatan (Sidokkes) bekerjasama dengan Biddokkes Polda Jateng menggelar pemeriksaan kesehatan (Rikkes) berkala bagi personel Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri di aula Mapolres Jepara, pada hari Jumat (11/10/2024).


Kegiatan rikkes berkala ini diikuti sebanyak ratusan personil Perwira, Bintara dan ASN Polres Jepara dan Polsek Jajaran.


Saat dikonfirmasi, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan melalui Kasihumas Iptu Dwi Prayitna mengatakan, bahwa tujuan pemeriksaan kesehatan (Rikkes) berkala untuk mengetahui kesehatan personel Polri dan ASN khususnya di Polres Jepara.


Lanjutnya, jika diketahui ada yang memiliki riwayat penyakit atau gangguan kesehatan maka akan diberikan rujukan ke rumah sakit untuk ditindak lanjuti.


“Pemeriksaan kesehatan ini di lakukan secara berkala, dengan tujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan personel Polres Jepara. Ini sebagai upaya deteksi dini terhadap kondisi atau kesehatan personal,” ujarnya.


Kasihumas mengungkapkan, pemeriksaan kesehatan ini diikuti 458 personel gabungan jajaran Polsek maupun Polres Jepara.


“Pemeriksaan ini diperuntukan bagi personel yang memiliki gangguan kesehatan, kelebihan berat badan dan personel yang akan mengembangkan jenjang karier atau akan mengikuti Sekolah Pimpinan Pertama (Sespimma), Sekolah Inspektur Polisi (SIP) atau Perwira Alih Golongan (PAG),” ucapnya.


Sementara itu, Kasi Dokkes Penata Sri Anik menjelaskan, kegiatan Rikkes dilakukan secara berkala setiap tahunnya untuk mengetahui kesehatan setiap personel dalam menunjang pelaksanaan tugas.


"Dengan adanya pemeriksaan kesehatan secara rutin, dapat diketahui kesehatan setiap personel, sehingga dapat segera diketahui penanganannya apabila ada penyakit," tuturnya.


Dikatakan Anik lagi, pemeriksaan ini, selain ditujukan untuk mengetahui kondisi fisik, dan kesehatan personel, juga sebagai syarat nilai dalam pendidikan pengembangan karir.


"Hasil dari Rikkes ini, masuk dalam 13 Komponen SDM unggul yang harus dimiliki masing masing personel dengan standar nilai yang sudah di tentukan," pungkasnya.


Pada kesempatan yang sama, salah satu personel yang mengikuti rikkes berkala, Briptu M Aziz Athoillah selaku Bamin Sihumas Polres Jepara mengatakan, bahwa pemeriksaan kesehatan berkala ini untuk mengetahui kondisi kesehatan pribadi sehingga mengetahui untuk menghindari pantangan makanan apabila diketemukan gejala sakitnya.


“Alhamdulillah, adanya rikkes berkala ini sangat mendukung dan mengetahui kondisi kesehatan tubuh sebagai deteksi dini. Apabila ada gejala dapat segera diobati,” jelasnya.




Editor  :  Toni

Sumber  :  humas polres Jepara 

Lebih baru Lebih lama