Usai Gelar Kegiatan Bimtek Penyusunan E-Kinerja di Palu, Ini Harapan Kepala BKPSDM Donggala

Caption : Kepala BKPSDM Kabupaten Donggala, Drs, Isngadi M.AP kepada awak media, ditemui disela- sela penutupan Bimtek E-Kinerja di Palu/F-Abubakar Sambar Id.


SAMBAR.ID, Palu, Sulteng - Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) telah sukses menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan dan penilaian E-kinerja Tahun 2024 yang berlangsung selama 2 (dua) Hari, bertempat di Swiss Bell Hotel di Kota Palu.


Hal tersebut diungkapkan Kepala BKPSDM Kabupaten Donggala, Drs, Isngadi M.AP kepada awak media, ditemui disela- sela penutupan Bimtek E-Kinerja di Palu, Selasa, (17/9/2024).


"Jadi tujuan utama pelaksanaan Bimtek E-Kinerja ini adalah, memastikan seluruh ASN Donggala itu bisa memahami pengisian E-Kinerja Dimana sebagai peran yang strategis bagi ASN jadi konsekuensi logisnya, jika ada pegawai tidak mengisinya, berdampak kepada pelayanan administrasi kepegawaian," ujarnya.


Salah satu konsekuensi dan resiko nya lanjut dia mencontohkan, penundaan naik pangkat, tidak dapat bisa berkala, serta tidak dapat rotasi mutasi. Serta yang paling terakhir fatal, tidak dapat pensiun kerja. Karena dokumen E-Kinerja ini dianggap sangat penting dan strategis.


"Nah, disini bagian pentingnya, kalau dia (ASN-red) tidak dapat mengisi Dokumen E-Kinerja itu, maka dia dihitung tidak bekerja, jadi ada indikator ukurannya. Alhamdulillah, kita Donggala masuk kategori progres yang tinggi terhadap penginputan E-Kinerja," beber Isngadi.


Selaku Kepala BKPSDM, dirinya melakukan beberapa trik atau strategi yakni diantaranya, memberi kan informasi melalui wadah WhatsApp Grup (WG) yakni sahabat pegawai yang didalamnya ada Sekretaris BKPSDM dan Kasubag Kepegawaian, hingga staf sampai kecamatan, disana menjadi wadah untuk berdiskusi, bagaimana mengolah dan mengisi E-Kinerja.




"Kita juga sangat terbuka dengan undangan para jajaran kepala OPD hingga Kecamatan, sampai UPTD Puskesmas bagaimana ingin diajak Bimtek, dimana lebih memahami petunjuk teknisnya, saya memerintahkan Admin saya untuk mengundang alias menindaklanjutinya, hal itu dalam rangka percepatannya," cetusnya.


Dirinya bersyukur dan sesuai harapan, Kabupaten Donggala itu dari urutan 300 An naik menjadi urutan naik menjadi urutan ke 6 dari total 13 Kabupaten/Kota se Sulteng, dimana dengan capaian presentasi 76, 46 persen lebih pengerjaan Dokumen E-Kinerja.


"Alhamdulillah harapannya dan kesyukurannya, Pemateri pusat itu yakni Pemateri Madya Shinta Putri S.Psi MM mengapresiasi Kabupaten Donggala, dimana yang telah melakukan langkah strategis dan sigap/gercep, dalam artian jadi kita tidak menunggu bola, harus menjemput bola," ungkapnya lagi.


Oleh karena itu diharapkan ASN untuk lebih serius dalam hal ini, karena berimplikasi kepada proses kenaikan pangkat dan berkala serta administrasi kepegawaian lainnya.


"Saya sangat berharap ke seluruh ASN di Donggala untuk terus meningkatkan kapasitas dan kualitas diri, etos kerja yang produktif, terampil dan kreatif dan agar selalu belajar mau berbenah diri senantiasa mengasah keterampilan untuk dapat melaksanakan tugas Pemkab Donggala," pungkas Kepala BKPSDM Donggala itu. (Abu Bakar/Red).








Lebih baru Lebih lama