Upacara HORNAS Ke 41 Dilapangan Pemda Rejang Lebong 9 September 2024


  



SAMBAR.ID REJANG LEBONG ||Menyambut HUT HORNAS (Hari Olah Raga Nasional) ke 41 tahun 2024 Pemerintah kabupaten rejang Lebong melaksanakan upacara di lapangan Pemda Rejang Lebong , Senen tanggal 9 September 2024.


Upacara diikuti oleh pejabat Eselon II,III dan IV, pelajar, TNI Polri serta OPD . Tema "ayo berolahraga, bersatu kita juara".


Selaku pembina upacara Bupati Rejang Lebong Drs H Syamsul Efendi MM Dengan tema HAORNAS tahun ini, marilah kita bangun lagi semangat berolah raga. Dengan giat olahraga akan meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia yang sehat dan bugar.


Dalam sambutannya bupati rejang Drs H syamsul Efendi mm mengatakan tanggal 9 september 2024 merupakan moment bersejarah untuk olahraga di indonesia, moment penting itu dijadikan sebagai hari olahraga nasional (haornas). Penetapan haornas ini berdasarkan keputusan presiden no. 67 tahun 1985 tentang hari olahraga nasional, tujuannya adalah sebagai sebuah pengingat bagi masyarakat kebangkitan olahraga di indonesia. Indonesia untuk


Penetapan haornas ini berkaitan dengan pelaksanaan pekan olah raga nasional (pon) pertama yang berlangsung pada tanggal 9 sampai dengan 12 september 1948 di kota solo, jawa tengah.



Saat itu, pon pertama diadakan karena para atlet indonesia tidak bisa berpartisipasi dalam olimpiade ke- 14 tahun 1948 di london, inggris, sebab indonesia pada waktu itu belum diakui secara internasional, dan paspornya tidak diakui oleh pemerintah inggris.


Akhirnya, persatuan olah raga republik indonesia (pori) untuk memutuskan menyelenggarakan kompetisi olahraga dalam negeri yang dikenal dengan "pekan olah raga nasional". Pon pertama disambut dengan antusias oleh sekitar 600 atlet yang berkompetisi dalam 9 cabang olah raga saat itu.


Kemudian 37 tahun setelahnya, tepat pada tanggal 7 september 1985, presiden suharto menetapkan tanggal pembukaan pon pertama sebagai hari olahraga nasional melalui keputusan presiden no. 67 tahun 1985, sejak saat itu setiap tanggal 9 september kita selalu melaksanakan peringatan hari olah raga nasional, baik ditingkat daerah, propinsi dan nasional.


Sehingga setiap tahunnya, pemerintah melalui Kemenpora lik indonesia menetapkan tema yang berbeda k memperingati hari olahraga nasional, untuk kita ketahui bersama, bahwa tahun 2024 ini kemenpora republik indonesia melalui surat edaran 9.3.30 tahun 2024 telah menetapkan dan mengusung tema "ayo berolahraga, bersatu kita juara".


Melalui tema ini, diharapkan hari olahraga nasional, menjadi momentum untuk mempersatukan, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam olah raga dan kebugaran, serta mencetak atlet-atlet yang berprestasi baik tingkat daerah, propinsi dan nasional bahkan untuk tingkat dunia ungkap Bupati.


Adapun puncak perayaan hari olahraga nasional tahun 2024 ini, dilaksanakan bersamaan dengan pembukaan pon ke -21  aceh - Sumatera utara pada tanggal 09 september 2024 bertepatan pada hari ini juga kita laksanakan upacara hari olahraga nasional ditingkat kabupaten rejang lebong.


Selaku bupati rejang lebong, saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh atlet, insan olah raga, patriot-patriot olahraga, organisasi keolahragaan dan kepemudaan baik formal non maupun formal, dinas/instansi pemerintahan serta seluruh masyarakat kabupaten rejang lebong, yang hingga saat ini tetap fokus dan konsen terhadap perkembangan dan kemaluan olahraga dan kepemudaan kita, sehingga pada kita semua membuktikannya dengan bersama sama melaksanakan upacara hari olahraga nasional ke -41 tahun 2024 serta insyaallah beberapa rangkaian kegiatan yang akan menyertainya Tutup Bupati. (Adv) 

SJ

Lebih baru Lebih lama