Upacara Hari Jadi Kota Bandung 214 Tingkat kecamatan Ujungberung Sangat khidmat

 


Sambar. Id-Upacara Hari Jadi Kota Bandung 214 Di Tingkat kecamatan ujungberung  sangat khidmat dengan mendengarkan sejarah pendiri kota bandung

  
SAMBAR.ID-  Ujungberung -Kegiatan upacara Hari Jadi Kota Bandung tingkat Kecamatan  di depan pendopo kecamatan Ujungberung pada Rabu, 25 September 2024.  yang dihadiri oleh berbagai pihak. Forkopimcam, para lurah, dan lembaga kemasyarakatan dari Kecamatan Ujungberung dan kelurahan turut dan para LKK perwakilan.



Seluruh staf Kecamatan Ujungberung ikut berbaur dalam  momen indah bersama semua yang hadir dalam upacara hjkb ke 214 tersebut Kebersamaan dan keceriaan terlihat jelas, menciptakan suasana yang hangat dan penuh makna biarpun sebagian tempat lagi ada pekerjaan pembangunan tapi jadi hidmat.



ABRIWANSYAH FITRI, AP, S.Sos, M.AP Camat Ujungberung sekaligus sebagai inspektur upacara Mengatakan bahwa kita semua bisa ikut serta meningkatkan sinergitas dan kolaborasi. "Kami ingin masyarakat merasakan suasana Kota Bandung yang berulang tahun ke-214 dengan tema 'Kota Bandung Maju Berkelanjutan'," ucapnya

Kecamatan Ujungberung terus berusaha membangun komunitas yang kuat, mandiri, dan berdaya saing dengan ujungberung BERSATU.


Visi dan Misi

Visi

“Menjadikan Kecamatan Ujungberung Menjadi Mitra Utama pengembangan kawasan Bandung Timur Tahun 2008 Melalui Pelayanan Prima”.


Misi

1. Mewujudkan kinerja pemerintah kecamatan Ujungberung yang berjalan lebih efektif, efisien, transparan dan akuntable.


2. Mewujudkan Ujungberung yang tertib, bersih, dan tertata, berlandaskan kesadaran dan partisipasi seluruh warga masyarakat Ujungberung.


3. Mengembangkan sosial budaya di lingkungan kecamatan yang ramah dan berhati nurani yang didukung SDM yang handal dan religius.


4. Mengembangkan perekonomian kecamatan yang dinamis dan berpihak pada keadilan ekonomi.


Sejarah


 Kecamatan Ujungberung, dengan luas wilayah 6,612 kilometer persegi, terdiri dari lima kelurahan, yaitu Pasanggrahan, Pasirjati, Pasirwangi, Cigending, dan Pasirendah. Kelurahan Pasanggrahan merupakan yang terluas dari kelimanya, dengan luas wilayah 2,225 kilometer persegi atau 34,03 persen dari total luas kecamatan.


Secara topografis, wilayah Kecamatan Ujungberung berada di ketinggian 700-800 meter di atas permukaan air laut. Salah satu ikon kecamatan ini di kawasan timur Kota Bandung ini adalah Alun-alun Ujungberung yang revitalisasinya diresmikan pada 14 Juni 2015.


Secara administratif Per 2018, jumlah penduduk Kecamatan Ujungberung tercatat sebanyak 72.127 jiwa terdiri dari 35.762 perempuan dan 36.365 laki-laki.


Kelurahan Pasanggrahan menyumbang jumlah penduduk terbanyak, yakni 16.148 jiwa. Namun tingkat kepadatan tertinggi ditemukan di Kelurahan Cigendung, yakni di angka 14.018 jiwa per kilometer persegi.



Kecamatan ini merupakan wilayah bottle neck atau leher botol di Kota Bandung jika kita akan keluar kota khususnya ke luar kota di arah timur Kota Bandung. Ujungberung dikenal sebagai kecamatan yang memiliki banyak pesantren dan pemandangan yang indah.


Kecamatan UjungBerung dibentuk berdasarkan PP No. 16 tahun1987 tentang Perubahan Batas wilayah Kotamadya Daerah Tingkat II Bandung dan Kabupaten Daerah Tingkat  II Bandung dan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 07 Tahun 2001 tentang pembentukan dan Susunan Organisasi Kecamatan di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung. Secara geografis Wilayah Kecamatan di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung. Secara  geografis Wilayah Kecamatan Ujungberung berada di ketinggian 668 m di atas permukaan laut, Secara geografis, Kecamayan Ujungberung berbatasan dengan :


1.Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Cibiru

2.Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Arcamanik

3.Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung

4.Sebelah Selatan dengan Kecamatan Arcamanik

Kecamatan Ujungberung mempunyai luas wilayah 1.035,411 Ha, dengan jumlah penduduk 67.144 jiwa, terdiri dari 32.962 jiwa laki-laki dan 34.182 perempuan, secara administrative terbagi ke dalam 7 (tujuh) kelurahan, 71 RW dan 330 RT yaitu:


1.Kelurahan Pasir Endah

2.Kelurahan Cigending

3.Kelurahan Pasir Wangi

4.Kelurahan Pasir Jati

5.Kelurahan Pasanggrahan




Tambah Jaelani  ketua LPM Pasanggrahan Kecamatan Ujungberung sekaligus perwakilan yang ikut upacara HJKB mengungkapkan betapa serunya kolaborasi stekholder di daerahnya dalam mewujudkan acara ini. "Kita semua terlibat aktif, dan acara ini berjalan sampai Selesai ujarnya dengan semangat

Asep dhalank /red

Lebih baru Lebih lama