Pj Gubernur Kalbar Lepas 159 Atlet Peparnas 2024 ke Solo Jawa Tengah




Sambar.id, Pontianak, Kalbar- Pj Gubernur Kalimantan Barat melepas 159 atlet Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) ke-XVII yang akan berlangsung di Solo, Jawa Tengah.kegiatan dilaksanakan di Balai Petitih Kantor Gubenur, Senin (23/9). 


Dalam sambutan Pj Gubernur Kalimantan Barat dr.H.Harisson, M.Kes, mengatakan untuk para atlet Paralimpiade saya tidak khawatir karena daya juangnya memang hebat. Saya perhatikan walau pun tidak dilepas oleh Gubernur atau pejabat Gubernur saat berangkat tetap berprestasi," jelasnya. 


Harisson berharap atlet benar-benar mampu berjuang tunjukan bahwa Kalimantan Barat bisa menduduki rangking paling tidak 7 besar. 


"Orang nomor satu di Kalimantan Barat berencana akan berkunjung bersama sekda untuk membakar semangat para atlet Paralimpiade yang akan berjuang di Solo Jawa Tengah. 


"Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari, S.STP, M.Si.,menyampaikan dimana setiap tahun bangsa Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional,  yang mana di tahun 2024 ini sudah yang ke-41 tahun," jelasnya. 


Haornas ini jatuh pada tanggal 9 September jadi sebuah pengingat bagi masyarakat Indonesia, untuk kita mengadakan yang sistematis dan berkelanjutan," terang Windy. 


"Ia menambahkan, adapun tema peringatan  Hari Olahraga Nasional ke-41 ini " ayo berolahraga bersatu kita juara" tema tersebut mengandung makna filosofi sebagai wujud visi pembangunan kebanggaan untuk bersama-sama berkomitmen wujudkan partisipasi masyarakat hingga mampu menghasilkan calon-calon olahraga prestasi kelas dunia. 


Windy, perkembangan pembangunan keolahragaan Provinsi Kalimantan Barat  berdasarkan indeks tahun 2023 lalu mengalami peningkatan 0,451 persen capaian tersebut menempatkan Provinsi Kalimantan Barat berada di peringkat 2 secara nasional di bawah Provinsi Sulawesi Utara. 


"Altet-atlet Kalimantan Barat telah membuktikan prestasi baik tingkat nasional maupun internasional. Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sangat mendukung dan selalu memberikan apresiasi kepada seluruh prestasi atlet Kalimantan Barat. 


"Usai Pelepasan Atlet Ketua NPCI Kalimantan Barat Mustaat Saman menyatakan, kami mengirim 159 atlet terdiri 115 atlet 44 official yang mengikuti 10 cabang olahraga,"jelasnya.


Pada Peparnas Tahun 2020 kami mendapat 8 emas, 18 perak, 8 perunggu peringkat 13 besar tapi kali ini mudah-mudahan bisa masuk 10 besar," harap Mustaat. 


"Alhamdulillah kami sudah melakukan TC dari Tahun lalu dengan kemandirian kami mudah-mudahan hasilnya maksimal dan kami lebih banyak untuk berjuang karena memang nama Kalimantan Barat cukup di kenal," terangnya. 


Mustaat menerangkan, kita sekarang berjuang untuk memaksimalkan diri kita, karena apa pun hasil untuk hari ini adalah kita mempunyai visi meningkatkan harkat martabat penyandang disabilitas,"


Saya yakin di tahun ini akan ada perubahan besar di olahraga disabilitas karena kita sudah mempunyai misi kedepan berjuang untuk Indonesia bukan hanya untuk Kalimantan Barat," tutupnya.(*/Red)

Lebih baru Lebih lama