Pj Bupati Majalengka Resmikan BLK Cakraningrat

 


Sambar.id, Penjabat (Pj) Bupati Majalengka, Dedi Supandi meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) pertama bernama BLK Cakraningrat, yang berlokasi di Sentra Industri Kecil dan Menengah (SIKIM), Kelurahan Cikasarung, Kecamatan Majalengka, Senin (24/09/2024).


BLK ini merupakan fasilitas pelatihan kerja pertama di Majalengka yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan keterampilan tenaga kerja lokal.


Pj Bupati Dedi Supandi menyebut nama Cakraningrat diambil dari tokoh Prabu Cakraningrat di Rajagaluh, Majalengka. Menurutnya, BLK ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti ruang kelas dan sarana pelatihan yang memadai.



“Kami meresmikan BLK Cakraningrat yang memiliki ruang kelas dan sarana-sarana pelatihan yang lengkap. Dari target 13 ruang kelas, saat ini sudah tersedia 6 kelas dan akan segera ditambah 2 kelas lagi. Banyak program pelatihan yang telah dan akan kami tawarkan melalui kolaborasi dengan berbagai pihak,” ujarnya.


Pada hari yang sama, digelar juga job fair di lokasi BLK ini, dengan target penyerapan tenaga kerja sebanyak 4.718 orang. Menurut Dedi, jumlah tersebut masih bisa bertambah hingga akhir Desember 2024, karena masih banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja terlatih dari BLK Cakraningrat.


“Peminat untuk mengikuti pelatihan di BLK ini sangat tinggi. Dari target 4.718 penerimaan, beberapa perusahaan masih membutuhkan lebih banyak tenaga kerja terlatih. Kami optimis hingga akhir Desember, jumlah ini bisa bertambah,” tambahnya.


Selain job fair, diadakan pula pelatihan intensif selama 6 hari untuk peserta terpilih. Peserta akan mendapatkan uang saku, makan, dan minum selama pelatihan berlangsung. Menariknya, setelah menyelesaikan pelatihan, beberapa peserta langsung ditempatkan bekerja di industri yang telah menjalin kerja sama dengan BLK Cakraningrat.


“Pelatihan yang kami selenggarakan ini akan disesuaikan dengan kebutuhan industri, seperti tata boga, perbengkelan, serta jahit dan tata busana. Program pelatihan yang kami tawarkan terbukti banyak diminati dan sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja saat ini,” jelas Dedi.


Dengan adanya BLK Cakraningrat, Pemerintah Kabupaten Majalengka berharap dapat mencetak tenaga kerja yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja. Peluncuran BLK ini juga diharapkan menjadi langkah awal untuk menjadikan Majalengka sebagai pusat pengembangan industri dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.


“Kami berharap BLK Cakraningrat ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat Majalengka untuk meningkatkan keterampilan mereka. Dengan begitu, kita dapat mendorong pertumbuhan industri lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” pungkas Dedi. 


Lebih baru Lebih lama