Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Jami Nurul Islam Batu Ampar Dihadiri Syekh Anas Jaber




Sambar.id, Kubu Raya, KALBAR – Masjid Jami' Nurul Islam di Desa Batu Ampar, Kubu Raya, menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H pada Ahad, 4 Rabiul Awwal 1446 H atau bertepatan dengan 8 September 2024. Acara ini diisi dengan Safari Dakwah yang menghadirkan Syekh Anas Jaber, seorang penceramah internasional yang juga merupakan adik kandung dari almarhum Syekh Ali Jaber. Senin (9/9/24).


Rombongan Syekh Anas Jaber tiba di Desa Batu Ampar sekitar pukul 10.15 WIB, setelah melakukan perjalanan menggunakan speedboat dari Pelabuhan Rasau Jaya. Mereka disambut hangat oleh Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Islam, H. Kusnadi M. Yusuf, beserta panitia pelaksana. Dalam sambutannya, H. Kusnadi mengucapkan selamat datang kepada Syekh Anas Jaber dan rombongan, serta menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran mereka dalam mengisi acara Maulid Nabi melalui Safari Dakwah.



Kepala Desa Batu Ampar, Herry Prawiranto, juga menyambut kedatangan Syekh Anas Jaber. Dalam sambutannya, ia berharap kunjungan ini bukan yang terakhir, melainkan menjadi awal untuk kunjungan di masa-masa mendatang dalam berbagai perayaan hari besar Islam. Selain itu, ia memohon kepada Syekh Anas Jaber untuk mendoakan tokoh-tokoh masyarakat yang telah meninggal dunia, termasuk H. Bujang Atim, mantan kepala desa yang berjasa dalam merintis berdirinya Desa Batu Ampar dan pembangunan Masjid Jami' Nurul Islam. Ia juga meminta doa untuk kesembuhan ibunya, Nurlaila, yang sedang sakit.


Dalam ceramahnya, Syekh Anas Jaber mengingatkan pentingnya meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menegakkan agama Allah. Ia mengajak para jamaah untuk memperbanyak sholawat dan sedekah sebagai wujud cinta kepada Rasulullah. Syekh Anas, yang didampingi oleh rombongan dari Yayasan Mutiara Qur'an Indonesia, juga mengajak jamaah untuk berdonasi guna membantu warga Palestina yang masih menderita akibat agresi militer Israel.



Proses donasi di Batu Ampar berjalan lancar, dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pengusaha dan masyarakat setempat. Ada beberapa donatur yang memberikan bantuan melalui yayasan Mutiara Qur'an Indonesia Peduli.Diantaranya adalah H. Kusnadi, Ketua DKM, M.Ali, SE (Ali Com), H. Aliansyah, H. Supriyono, H. Sahibek (Kepala Puskesmas Batu Ampar), Dg. Sahaka, Sunardi dan Ibu Rokhimah memberikan bantuan atas nama Almarhum Rondi sebagai orang tua, Kepala Desa Batu Ampar juga turut serta dalam kegiatan ini.


Selain berpartisipasi dalam donasi, para jamaah yang hadir juga beberapa donatur lainnya yang tidak mau disebutkan namanya, para donatur mendapatkan Cinderamata dan Sertifikat penghargaan yang diserahkan langsung oleh Syekh Anas Jaber sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi mereka.


Selanjutnya Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Jami Nurul Islam mengucapkan terimakasih kepada seluruh para donatur yang ikut berpartisipasi sehingga terselenggaranya acara ini dengan lancar. Dan kepada rekan-rekan panitia yang bekerja secara ekstra mensukseskan acara tersebut.


Dilanjutkan, usai acara ketua DKM H. Kusnadi M. Yusuf mengundang seluruh anggota panitia untuk mengadakan rapat pembubaran serta pertanggung jawaban acara yang sudah dilaksanakan. Hadir para penasehat seperti Akhmad Mamak, Yusmin, Sulaiman, Dg. Sahaka, Ketua DKM H. Sahibek selaku wakil ketua, Amudi (Sekretaris), Sunardi (Bendahara), ikut serta para seksi seperti :

Seksi Ibadah, Imam Wahyu Rifai dan Abdullah Chaidar, Seksi Pembangunan, Syahrial, Seksi Keumatan, Firli dan Rahmadi, Seksi Kebersihan, Iskandar dan Lili Krisnawati. Salah satu anggota panitia Syahrial Owner penginapan dan rumah makan Sarinah memberikan free kepada rombongan Syekh Anas Jaber.


Donasi yang terkumpul dari para jamaah mencapai hampir Rp 20 juta. Setelah sesi donasi, Syekh Anas Jaber memimpin sholat Maghrib berjamaah dan menutup rangkaian acara dengan doa bersama. Pada malam harinya, Safari Dakwah dilanjutkan di Masjid Syuhada, yang terletak di Dusun Batu Ampar Simpang.


Keesokan harinya, Syekh Anas Jaber melanjutkan perjalanannya ke Desa Padang Tikar Dua untuk menghadiri peringatan Maulid Nabi di sana, dengan agenda yang serupa. Di desa tersebut, donasi untuk Palestina terkumpul sebesar Rp 53 juta, sebagai bagian dari total donasi Rp 88 juta yang dikumpulkan dari seluruh Kecamatan Batu Ampar.


Acara ini tidak hanya dihadiri oleh warga lokal, dan tamu undangan dari Polri, serta perwakilan instansi dan majelis dari beberapa dusun di Batu Ampar, menjadikannya sebuah perayaan yang meriah dan penuh berkah. Acara ini mendapat apresiasi yang besar dari seluruh pihak yang terlibat, memperlihatkan sinergi yang baik antara masyarakat, donatur, dan para panitia dalam mewujudkan kegiatan sosial yang bermanfaat.

Reporter : Amudibatam/Asep

Lebih baru Lebih lama