PASAR TRADISIONAL DESA NEGLASARI KECAMATAN KADUNGORA SEBAGAI SALAH SATU PENOPANG PERTUMBUHAN EKONOMI RAKYAT

 


SAMBAR.ID, GARUT, JABAR - Dalam rangka meningkatkan perekonomian rakyat, pemerintah desa Neglasari Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut membangun pasar tradisional atau pasar rakyat diwilayah desa Neglasari dengan menggunakan dana anggaran pusat.

Aep Sudayat kepala desa Neglasari yang ditemui awak media di sela-sela acara pembukaan pasar rakyat desa Neglassari, pada Senin (16/9/2024) mengucap syukur dan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah mengucurkan dana melalui program kementerian perdagangan yang berkomitmen memperkuat ekonomi kerakyatan dengan melakukan program revitalisasi pasar rakyat. Program ini merupakan salah satu dari tiga mandat presiden Ir. Joko Widodo kepada menteri perdagangan, alhasil desa Neglasari adalah salah satu desa yang mendapatkan program tersebut, dengan di bangunnya 32 kios dan 30 lapak pedagang kaki lima.



“Oleh karena itu kami akan melestarikan dan mengelola pasar ini dengan baik, dengan cara berkolaborasi bersama Badan Usaha milik Desa (BUMDes) dalam pengelolaannya, agar dapat dirasakan manfaatnya bagi warga desa Neglasari dan sekitarnya. Dan kami juga akan menjamin kenyamanan bagi pedagang/warga pasar dengan cara meningkatkan keamanannya. Selain itu, kami juga memperhatikan transportasi umum yang belum melintasi pasar tersebut, sehingga akan segera kami upayakan dengan cara melakukan pengajuan dan koordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan Dinas Perhubungan Kabupaten Garut” tuturnya.

Kami pun sudah merencanakan membangun kembali kios sebanyak 150 kios untuk mencukupi permintaan masyarakat yang berkeinginan berjualan dipasar, lanjut Aep.

“Untuk ke depannya Kami berharap dengan adanya pasar rakyat/tradisional ini, perekonomian warga desa Neglasari dan sekitarnya menjadi maju dan meningkat” pungkasnya.

 

 

Jurnalis : Agus Suhana (Kabiro garut)

Lebih baru Lebih lama