Pangdam II/Sriwijaya Resmikan Irigasi Per Pompaan Di Desa Sari Mulyo





SAMBAR.ID BENGKULU ||Desa Sari Mulyo, 6 September 2024 — Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Mohammad Naudi Nurdika hari ini meresmikan irigasi per pompaan di Desa Sari Mulyo, Kecamatan Sukaraja. Peresmian ini merupakan langkah penting dalam upaya pemerintah untuk meningkatkan hasil produksi pertanian di wilayah kabupaten Seluma.


Dalam kesempatan tersebut, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Mohammad Naudi Nurdika menjelaskan bahwa salah satu tantangan utama yang dihadapi petani saat ini adalah penurunan hasil produksi yang disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor utama yaitu kekeringan dikarenakan musim kemarau.


“Alih fungsi lahan yang terus terjadi menyebabkan pengurangan luas area yang dapat digunakan untuk pertanian. Hal ini berpengaruh langsung pada produktivitas hasil panen dan kesejahteraan petani. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mendukung program-program yang dapat mengoptimalkan penggunaan lahan yang ada,” ujar Pangdam II/Sriwijaya.


Program Optimasi Lahan yang sedang dijalankan pemerintah saat ini bertujuan untuk mengurangi alih fungsi lahan dan meningkatkan hasil panen petani. Dengan adanya irigasi perpompaan yang baru diresmikan, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi penggunaan air dan mendukung kebutuhan irigasi yang memadai untuk pertanian di Desa Sari Mulyo.



Pangdam II/Sriwijaya juga menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah, masyarakat, dan petani dalam menjaga dan memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan. “Kami berharap dengan adanya fasilitas irigasi ini, para petani dapat mengoptimalkan hasil panen mereka dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan mereka serta ketahanan pangan di daerah ini,” tambahnya.


- Peresmian ini dihadiri oleh Staf Ahli Kementerian Pertanian Bpk. Suhandi,

- Gubernur Bengkulu Bpk. Dr. H. Rohidin Mersyah M.M.A,

Direktur Pembenihan Holti Kultura Kementerian RI Ibuk DR. Inti Pertiwi,

Kapolda Bengkulu Bpk. Irjen Pol. Anwar, S.I.K., M.Si. Danrem 041/Gamas Bpk. Brigjen TNI Rachmad Zulkarnaen 

Kapoksahli pangdam II/SWJ Bpk. Kolonel Inf Bambang Sudarmanto, S.Sos., M.M., M.H. ,Asintel kasdam II/SWJ Bpk. Kolonel Inf Ganiahardi 

Asops kasdam II/SWJ Bpk. Kolonel Inf Sumarlin Marzuki, S.E , As pers kasdam II/Swj Bpk. Kolonel Inf Ryzadly Syah razy Themba + Ibu, As Log kasdam II/Swj Bpk. Kolonel Inf Edison S. Sinabutar, S.Sos.

~Aster kasdam II/S w j Bpk. Kolonel Inf Ahmad Hadi Hariono 

~Kasi Intel korem 041/Gamas Bpk. Kolonel Inf Erwin A.T. Wiyono A., S.T., M.Tr. (Han) 

~Kasi Ops korem 041/Gamas Bpk. Letkol Kav Dodik Oktaviano, S.I.P 

~Kasi Ter korem 041/Gamas Bpk. Letkol Inf Mustafa Akbar M, S.E., M.I.Pol. + Ibu Kadistan provinsi Bengkulu Bpk. Adriansyah, S.P, M.M

~GM PLN U ID S2 JB Bpk. Hadi Herlambang

~Manajer PT PLN UP 3 Bengkulu Bpk. M.Syafdinur

~Komandan Kodim 0425/Seluma Bpk. Letkol Arh Dedy Hendar yatmoko 

~Seluruh Dandim jajaran Rem 041/Gamas 

~Bupati seluma Bpk. Erwin Oktavian, S.E

~Kapolres Seluma Bpk. AKBP Arif Eko Prasetyo, S.I.K, M.H,Kajari kab.seluma Bpk. Dr. Eka Nugraha, S.H, M.H

~Kadistan kab.seluma Bpk Arian sosial

~Dan Pos AL Bpk. Letda Laut Set Lembang

Camat beserta perangkat, Kades beserta perangkat, ketua PPL Sukaraja, 6 Kelompok tani yg menerima bantuan Irpom dan masyarakat sekitar Mereka menyambut baik inisiatif ini sebagai upaya positif untuk memperbaiki kondisi pertanian dan meningkatkan hasil produksi.


Dengan langkah ini, diharapkan Desa Sari Mulyo akan semakin maju dan mandiri dalam sektor pertanian, serta menjadi contoh bagi daerah lain dalam pengelolaan sumber daya air dan optimasi lahan.

 ( SJ )

Lebih baru Lebih lama