Mushola Hidayatullah Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H 15 Rabiul Awal Tahun Hijriah

 


Sambar id, SURABAYA - Ketua Takmir Mushola Hidayatullah RW 11 Pondok Benowo Indah Surabaya menyampaikan hikmah maulid pada acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad Shallallaahu ‘Alayhi Wasallam tahun 1446 H/2024 M dengan tema “Meraih Syafaat dengan Aktualisasi Cinta Nabi” di Mushola Hidayatullah Pondok Benowo Indah Kelurahan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal Surabaya, Minggu, 15 Rabi’ul Awal 1446 (15/09/2024).


Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Takmir Mushola Hidayatullah H. Rosidi. Pada perayaan maulid tersebut juga hadir Gus Arwani, para Tokoh masyarakat dan warga RW 11 Pondok Benowo Indah. 


Dalam sambutannya  H. Rosidi mengatakan bahwa Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi momen untuk senantiasa mengingatkan dan meneladani nilai-nilai kenabian, termasuk kedermawanan Rasulullah SAW.


Dia menjelaskan, tema maulid tahun ini adalah Meraih Syafaat dengan Aktualisasi Cinta kepada Nabi. Dari tema itulah H. Rosidi mengharapkan seluruh umat mengaktualisasikan cinta kepada nabi.


Gus Arwani dalam ceramahnya menyebutkan empat sifat wajib Rasulullah yang sangat perlu diteladani yaitu Shiddiq artinya selalu benar dan jujur, tablig adalah sifat wajib bagi rasul yang menyampaikan, dan sikap fathanah adalah berarti pintar, cerdik, dan cerdas, serta amanah yaitu menjaga sesuatu yang dipercayakan (dititipkan) orang lain dengan penuh tanggung jawab.


“Dengan aktualisasi pada rasul. Amanah ini tidak ringan. Mari kita implementasikan nilai nilai kenabian dalam kehidupan kita dengan menyayangi sesama. Jaga keluarga, jaga tetangga kita.” katanya.


Berikutnya, terang H. Rosidi, adalah meneladani kedermawanan Rasulullah SAW dengan selalu membangun budaya berbagi.


“Marilah kita bersama sama saling bahu membahu. Inilah salah satu keteladanan Rasulullah yang perlu kita bumikan,” tutupnya.


Menegaskan apa yang diutarakan dalam ceramahnya Gus Arwani menyampaikan bahwa kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW hendaknya dapat meneladani ajaran-ajaran yang disampaikan olehnya.


“Mari kita meneladani kehidupan Rasulullah dan mencontoh akhlak beliau dalam kehidupan bernegera dan bermasyarakat serta selalu meningkatkan keimanan dan Ketaqwaan kehadirat Allah Ta’ala,” kata H. Rosidi


Pengurus Takmir Mushola Hidayatullah Pondok Benowo Indah ini mengatakan kalau kita meneladani sifat Rasulullah Insya Allah di lingkungan kita ini tidak ada yang miskin, kenapa, karena Rasulullah itu adalah sosok dermawan.


Acara yang berlangsung semarak penuh khidmat tersebut juga diisi dengan lantunan sholawat, doa, dan ngalab berkah.


Penulis : Arie Budiono

Editor : Teguh

Lebih baru Lebih lama