Konfercab I, Ketua PW Tunjuk Syamsu Nursi Pimpin PC PERGUNU Kota Palu, Ini Harapannya


PC PERGUNU Kota Palu dibawah naungan Pengurus Wilayah (PW) PERGUNU Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar konferensi cabang (Konfercab) I/F-Ibra Sambar Id.


SAMBAR.ID, Palu, Sulteng - Untuk kali pertama, Pengurus Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) Kota Palu dibawah naungan Pengurus Wilayah (PW) PERGUNU Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar konferensi cabang (Konfercab) I bertempat di Aula Serbaguna Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Palu.


Konfercab itu dirangkaikan dengan dialog pendidikan dengan mengusung tema "Guru dan Siswa menjawab tantangan Era Digitalisasi 5.0" yang dihadiri para guru dilingkup MAN 2 Palu, sejumlah Badan Otonom (Banom) lingkup Nahdlatul Ulama yakni IPNU dan IPPNU Kota dan Wilayah.


Dimana pada kesempatan itu dibuka langsung oleh Ketua PW PERGUNU Provinsi Sulteng, Nasaruddin Abd. Kadir S.Ag M.Si, Wakil Ketua PERGUNU, Munarif S.Ag M.Si serta para jajaran pengurus PERGUNU, Selasa, (3/9/2024) siang.


"Konfrensi Cabang (Konfercab -Red) Kota Palu ini kali pertama dilaksanakan yang dirangkaikan dengan diskusi pendidikan yang mengundang para guru dan siswa terkait menjawab tantangan di era digitalisasi 2024,"kata Ketua PW PERGUNU Sulteng.


Tentunya, konferensi ini sudah berdasarkan mekanisme yang ada di organisasi, bahwa ada evaluasi-evaluasi yang akan dilakukan, dimana hasilnya adalah pembenahan atau reshuffle terhadap pengurus serta penataan kelembagaan salah satunya adalah melalui AD-ART dan konfercab.


Sehingga perlu adanya penataan kembali, Bagaimana menata lagi PC PERGUNU Kota, sebab pengurus Kota ini ibarat jendelanya wilayah, alias etalasenya harus dirubah, olehnya wajib ditata sedemikian rupa dengan wajah Pengurus baru.


"Jadi wajah ada di kota, totalnya ada 13 Kabupaten, nah ini yang kita mau Tata, jadi tujuannya ada penataan, kemudian hasil dari konferensi ini menentukan, bahwa Pengurus sebelumnya tidak berjalan alias stagnan, kita terbuka saja menyampaikan. Apalagi selama 2 tahun setengah itu tidak berjalan sama sekali," beber Nasaruddin.


"Hal ini penting untuk kita sampaikan, jangan sampai menimbulkan tafsiran macam-macam, harus ada penjelasan gitu dan hari ini teman-teman yang hadir pada kesempatan ini mewakili pengurus di PC 8 Kecamatan, kemudian peserta diwakili Banom IPNU-IPPNU, para guru dan PW PERGUNU," tegasnya.




Olehnya Pengurus Wilayah (PW) PERGUNU Provinsi Sulteng menetapkan dan menunjuk Kepala Madrasah (KaMad) H. Muhammad Syamsu Nursi S.Pdi, M.M sebagai Ketua terpilih PC PERGUNU Kota Palu masa bakti 2024-2029.


Sementara itu dikesempatan yang sama, usai konfercab I PERGUNU, Ketua PC Pergunu Kota terpilih, H. Muhammad Syamsu Nursi kepada media ini menuturkan, dirinya berterima kasih atas kepercayaan PW PERGUNU Sulteng, menunjuk dirinya dalam melanjutkan tampuk pimpinan pengurus PC Pergunu Kota Palu.


"Saya berterima kasih kepada Ketua PW PERGUNU Sulteng, yang telah menunjuk kami sebagai ketua PC PERGUNU Kota Palu, tentunya kami akan melakukan koordinasi ke wilayah, bagaimana organisasi banom NU ini berkembang kemudian diberikan amanah untuk membentuk struktur PC Kota Palu,"ujarnya.


Sebagai seorang Guru kata dia, tentunya tanggung jawab bagaimana membawa para guru, khususnya lingkup MAN 2 Kota Palu, untuk mengembangkan profesionalisme, menjadi karakter pengajar yang baik, dengan tantangan kedepan yakni menghadapi dan menjawab atau melek teknologi perkembangan di Era Digitalisasi ini.


"Harapannya adalah, dengan dipercayakan sebagai Ketua PC Pergunu terpilih, bisa memberikan jawaban tantangan di Era perkembangan Digitalisasi kedepannya, kita dituntut harus beradaptasi alias menyesuaikan kondisi, dengan melek teknologi," ungkapnya lagi.


Diakhir wawancara, lebih jauh ditekankannya, harapannya kedepannya para guru yang dibawa naungan PW PERGUNU, dari sekolah umum, swasta/madrasah maupun pesantren, mari bersama berkolaborasi bagaimana memajukan dan mengembangkan profesi sebagai tenaga pengajar atau guru. (Ibra/Red).

Lebih baru Lebih lama