Keluarga Penerima Manfaat Seyum Sumeringah Mendapat Bantuan BLT DD Dari Pemdes Karanganyar


Kades Karanganyar didampingi Sekdes Dan Babinsa salurkan BLT DD.


Sambar.id, SUBANG, JABAR - 29
Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Desa Karanganyar Kecamatan Pusakajaya Kabupaten Subang tersenyum sumringah. Betapa tidak, mereka menerima uang tunai sebesar Rp 900 ribu rupiah dari BLT-DD untuk salur bulan Juli, Agustus dan September 2024, Senin 23/09/2024).


Bantuan BLT DD sendiri merupakan skala prioritas Kementrian Desa PDTT dalam penggunaan Dana Desa untuk menanggulangi tingkat kemiskinan ekstrem di desa.

Kades Karanganyar Ali Imron didampingi Sekretaris Desa Fuji Khalifaturahman mengatakan, berdasarkan pasal 3 ayat (5) Permendes PDTT Nomor 13 Tahun 2023 bahwa penetapan KPM BLT DD harus dibahas dan disepakati oleh Pemerintah Desa dan pihak terkait melalui gelaran Musyawarah Desa Khusus (Musdeussus).

Berdasarkan hasil Musdessus bahwa jumlah KPM BLT DD di Desa Karangamyar  sebanyak 29 KPM. Adapun besaran nominal yang disalurkan kepada masing-masing  KPM sebesar Rp 300 ribu per bulan karena disalurkan tiga bulan sekali maka setiap KPM mendapatkan 900 ribu rupiah," kata Ali Imron.


Kades yang akrab di panggil Iim ini berharap,  BLT DD
ini  dapat membantu warga masyarakat yang kurang mampu, sesuai dengan aturan pemerintah seperti warga yang tergolong miskin ektrim, sakit menahun dan lansia, KK tunggal, itu KPM yang berhak menerima," tegasnya.

"Semoga bantuan ini bermanfaat dan membantu dalam pemenuhan kebutuhan hidup dan dapat meringankan beban KPM sehari - hari  dimasa sulit seperti sekarang ini.

"Saya juga mengucapkan terimakasih sekali dan  apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam menyalurkan bantuan kepada para KPM. Semoga bantuan ini dapat memberikan dampak positif bagi KPM dan menekan angka kemiskinan ekstrim di wilayah Desa Karanganyar," pungkasnya. (*)
Lebih baru Lebih lama