Kapolsek Sumarorong Hadiri Kegiatan Sosialisasi Pra Operasi Modifikasi Cuaca untuk PLTA Bakaru di Sumarorong

MAMASA - Bertempat di Aula Kantor Camat Sumarorong, PT PLN Nusantara Power Unit Pembangkit Bakaru mengadakan sosialisasi pra operasi modifikasi cuaca (OMC) atau hujan buatan. Tujuan dari operasi ini adalah meningkatkan debit air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Mamasa untuk mendukung kinerja Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Bakaru. Rabu, 18 September 2024


Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) ini melibatkan penyebaran flare di titik-titik awan guna memicu turunnya hujan. Langkah ini diharapkan dapat mencegah defisit air yang bisa memicu pemadaman listrik.


Acara dihadiri oleh Asisten II Pemda Mamasa, Drs. Imanuel; Camat Sumarorong, Suttrisno, S.Th., Kapolsek Sumarorong, IPTU Reynhard; Danramil Sumarorong, Lettu Hamka SM dan sejumlah pejabat terkait. 


Kapolsek Sumarorong, IPTU Reynhard dalam kegiatan ini, menekankan pentingnya koordinasi antara pihak PLN dan masyarakat agar pelaksanaan TMC berjalan lancar dan tidak menimbulkan dampak negatif bagi warga. 


Dalam sesi tanya jawab, masyarakat menanyakan dampak negatif TMC seperti cuaca ekstrem atau kegagalan panen. Pihak PLN menjelaskan bahwa operasi ini dilakukan sesuai SOP dan dampak negatif akan diminimalisir.


Operasi TMC direncanakan mulai akhir September 2024 dengan pusat operasional di Bandara Sumarorong. Kegiatan berlangsung tertib hingga pukul 12.00 WITA dengan situasi aman dan terkendali.


Humas Polres Mamasa Polda Sulbar

Lebih baru Lebih lama