GUNA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN, SMAN 2 GARUT MENGGELAR ACARA SOSIALISASI PROGRAM KERJA SEKOLAH DAN PROGRAM KERJA KOMITE SEKOLAH


SAMBAR.ID, GARUT, JABAR - Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan sekolah menengah atas (SMA) Negeri 2 Garut menggelar acara sosialisasi program kerja sekolah dan komite sekolah bersama orang tua peserta didik kelas X pada ajaran tahun 2024-2025, acara tersebut sudah direncanakan berjalan 2 hari, rabu tanggal 18– 19 September 2024 yang dihadiri oleh kepala sekolah, ketua komite dan anggota serta seluruh orang tua siswa X.

Usai acara, Ahmad hidayat, S.H. Ketua Komite SMAN 2 garut yang ditemui awak media pada Rabu (18/9/2024) di aula SMAN 2 Garut mengatakan “pentingnya kegiatan ini untuk berembug antara pihak sekolah, komite sekolah, dan orang tua siswa dalam memajukan pendidikan di lingkungan SMAN 2 garut, baik sarana maupun prasarana".


“Saat ini sekolah SMAN 2 garut telah mendapatkan program Dana Alokasi Khusus (DAK) yang kegiatannya sedang berjalan untuk rehab kelas dan pembangunan kelas baru”.

Tapi dana alokasi khusus (DAK) belum bisa mencukupi seluruh kebutuhan sarana dan prasarana SMAN 2 Garut secara menyeluruh.

“Oleh karena itu kami mengajak orang tua siswa agar berpartisipasi untuk menutupi kebutuhan sekolah yang belum bisa tercukupi oleh DAK atau bantuan lainnya, tanpa ada paksaan atau nominal dana yang ditentukan walaupun kekurangannya masih banyak” terangnya.

Alhamdulillah lanjut Ahmad, "orang tua siswa menyambutnya dengan baik, walaupun tadi ada orang tua siswa yang sempat menyinggung, mempersoalkan terbentuknya kepengurusan komite sekolah ini seolah-olah terselubung, tapi sudah kami jelaskan cara proses pembentukan kepengurusan komite sekolah ini sudah sah melalui rapat terbuka antara perwakilan orang tua siswa yang disaksikan oleh pihak sekolah pada tempo lalu”, Jelasnya.


Dilain tempat, Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Garut Rozak Mulyana, S.Pd., M.Pd., mengaku kepada awak media bahwa sekolah SMAN 2 Garut ini sudah memiliki banyak peserta didik  yang berprestasi di tingkat Kabupaten, Provinsi hingga tingkat nasional yang patut dipertahankan atau ditingkatkan. Oleh karena itu dibutuhkan peranan/dukungan orang tua siswa dan masyarakat luas pencinta pendidikan agar bahu membahu mengembangkan program pendidikan ke arah lebih maju.

“Adapun program Pendidikan SMAN 2 Garut di tahun 2024 ini ada beberapa bidang, di antaranya bidang kurikulum, bidang sarana prasarana dan bidang humas. Untuk kurikulum baru tahun 2024 ini dinamakan kurikulum merdeka yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan kurikulum sebelumnya”.

Peserta didik kelas 10 dipisahkan sesuai dengan peminatan yaitu IPA, IPS serta BAHASA DAN BUDAYA, namun pada kurikulum merdeka ini tidak ada lagi istilah peminatan bagi peserta belajar kelas 10, ada pun pemilihan mata pelajaran pada peserta belajar kelas 11 sesuai minat dan bakatnya peserta didik, yakni lima mata pelajaran yang wajib dipilih, untuk mengambil jurusan. Diharapkan ke depannya lanjut rozak, peserta didik SMAN 2 Garut dapat memenuhi harapan orang tua dan sekolah ke arah yang lebih maju.

’’Ditahun 2023 yang lalu peserta didik SMAN 2 Garut yang diterima ke perguruan tinggi sejumlah 89 orang, itu sudah merupakan sebuah prestasi yang sangat luar biasa sehingga patut dipertahankan dan ditingkatkan” tegasnya.   


Jurnalis : Agus Suhana (Kabiro Garut)

Lebih baru Lebih lama