Gelar Peringatan Maulid Nabi, Polres Purbalingga Terima Hibah Tanah untuk Pembangunan Mapolres


SAMBAR.ID, Polres Purbalingga - Polda Jateng | Polres Purbalingga melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2024/1446 H, di lapangan Kelurahan Kalikabong, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Selasa (17/9/2024).


Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan penyerahan tanah hibah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga untuk Polres Purbalingga. Penyerahan tanah hibah ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh Kapolres Purbalingga AKBP Rosyid Hartanto dan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.


Tanah hibah seluas 17.209 meter persegi di wilayah Kelurahan Kalikabong, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, rencananya akan digunakan untuk pembangunan Mapolres Purbalingga yang baru.


Kapolres Purbalingga AKBP Rosyid Hartanto mengatakan melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW marilah kita teladani akhlak beliau yaitu Sidik (jujur), Amanah (dapat dipercaya), Tabligh (menyampaikan) dan Fatonah (cerdas).


"Kita berharap mudah-mudahan Forkopimda di Kabupaten Purbalingga memiliki sifat dan akhlak seperti Nabi Muhammad SAW," ucapnya.


Kapolres menyampaikan bahwa semoga peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini tidak hanya sekedar seremonial saja. Tapi juga sebagai momentum bagi kita semua untuk merenungkan perjuangan Rosulullah SAW dan berkomitmen menerapkan nilai-nilai Islam dalam kegiatan sehari-hari.


Lebih lanjut disampaikan, hari ini dilaksanakan juga penandatanganan berita acara penyerahan hibah tanah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga. Tanah tersebut rencananya akan digunakan untuk pembangunan gedung baru Polres Purbalingga.


"Pada tahun 2001 kami pernah menerima hibah tanah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga untuk pembangunan Mapolres Purbalingga. Namun sampai dengan tahun 2023 tidak bisa disetujui pembangunannya," jelasnya.


Menurutnya, karena luas tanahnya belum memadai maka tanah hibah tersebut belum bisa dibangun untuk Mapolres Purbalingga. Hingga pada tahun ini kembali mendapatkan tanah hibah yang insyaallah bisa digunakan untuk pembangunan Mapolres Purbalingga.


"Alhamdulillah dengan pemberian tanah hibah ini, Insya Allah akan dijadikan lokasi Mapolres Purbalingga yang baru. Sehingga nantinya bisa lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.


Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Purbalingga memiliki komitmen yang besar untuk mendukung jajaran Polres Purbalingga dalam meningkatkan kinerja, tugas dan fungsinya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.


"Oleh karenanya penandatanganan perjanjian hibah tanah oleh Pemerintah Daerah dan Polres Purbalingga ini menjadi bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Purbalingga terhadap kinerja dan peningkatan layanan publik kepolisian untuk masyarakat," ucapnya.


Kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diisi dengan penyampaian tausiah dari KH Masrukin Abdul Majid. Isi tausiah diantaranya peringatan hari lahir sebagai momentum meneladani akhlak Rosulullah SAW. Termasuk menerapkan Islam secara moderat untuk menangkal paham radikalisme.



(Toni-Kabiro Jepara)

Sumber : Humas Polres Purbalingga

Lebih baru Lebih lama