Desa Kawisrejo HUT 79 RI Meriahkan Pawai Budaya Exotica Kecamatan Rejoso

 

SAMBAR.ID// PASURUAN - Puncak acara meriahkan HUT ke-79 RI, Kecamatan Rejoso menggelar pawai budaya exotica 2024 diikuti perwakilan dari 11 Desa. Salah satunya Desa Kawisrejo, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan. Sabtu Pagi (31/8/24)


Dalam puncak acara peringati HUT ke-79 RI ini, Kecamatan Rejoso yang terdiri dari 11 Desa dimana 5 desa ada kegiatan di desa masing masing Desa menampilkan karnaval dengan mengambil juara dalam tema suku, adat, dan budaya tampilan terbaik untuk dilombakan ke tingkat Kecamatan.


Sepanjang jalan rute karnaval arah Rejoso-Winongan dipadati oleh ribuan warga masyarakat yang antusias berjajar guna menyaksikan pawai budaya Exotica Rejoso 2024 ini.

Para peserta karnaval event perdana yang diadakan ketua PHBN Kecamatan Rejoso, diberangkatkan langsung oleh Arfian selaku Camat Rejoso dari pendopo Desa Ketegan dan berakhir di Lapangan Indonesia Power Rejoso Lor.


Untuk mengenang dan menghormati jasa para Kyai, Ulama', Santri dan para pejuang khusus arek-arek Jawa Timur yang mempertahankan Kemerdekaan RI pada tanggal 10 November 1945 maka warga dusun telbuk yang mewakili Desa Kawisrejo mengangkat kembali sejarah Pahlawan dengan menampilkan suatu Budaya lewat drama kolosal.

"Ini budaya kita yang sesungguhnya budaya Indonesia di mana para kiyai ,ulamak ,santri dan para pejuang mempertahankan kebudayaan serta kedaulatan bangsa Indonesia dari penjajah," papar Kepala Desa Kawisrejo.


Menurut Nang Kosim Kades Kawisrejo event ini luar biasa karena Pimpinan yang baru ini merupakan kreasi yang mengangkat derajat Kecamatan Rejoso. Event ini juga memberi pelajaran sama anak didik bahwasanya banyak suku adat dan budaya di Indonesia yang perlu diketahui dan dilertarikan.

"Harapan saya sebagai Kepala Desa Kawisrejo mudah-mudahan Bapak Camat khususnya Bapak Arvian semangat dengan  membimbing Desa ke Desa khususnya 16 desa ini menjadi luar biasa" pungkasnya.


Tema tampilan peserta karnaval budaya exotica 2024 ini di juarai:

-Juara I Desa Ketegan

-Juara II Desa Kawisrejo

-Juara III Desa Sadengrejo


(Ilmia)

Lebih baru Lebih lama