Deklarasi Damai Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Pasuruan 2024


SAMBAR.ID// PASURUAN - Deklarasi ini Merupakan tahap lanjut langkah awal demokrasi dengan jalin bersama-sama berkolaborasi, bergandengan dalam rangka menyelenggarakan Pilkada. Deklarasi ini merupakan momentum bersama untuk mendukung demokrasi di kota Pasuruan. Selasa Malam 19:30 WIB (24/9/24)


Hal ini, ketua KPU Kota Pasuruan memaparkan, deklarasi yang terpenting adalah sinergisitas penyelenggara antara KPU, Bawaslu, Pemerintah Daerah dari Kepolisian  Polresta Pasuruan, TNI (Kodim 0819) serta Paslon yang hadir pada malam hari ini serta masyarakat se-kota Pasuruan baik dari LSM, Ormas dan seluruhnya untuk dapat mensukseskan pemilihan dengan damai dan kondusif.


"Yang pertama menjaga persatuan dan kesatuankesatuan bangsa, menghormati keberagaman serta mewujudkan suasana aman, tertib dan damai  selama penyelenggaraan Pilkada," ungkapnya.


"Kedua melaksanakan seluruh kegiatan tahapan terutama kampanye dengan mematuhi peraturan undang-undang, peraturan PKPU dan peraturan peraturan lainnya sehingga untuk itu kami menyelenggarakan kegiatan deklarasi malam hari ini," tambahnya.


Harapan yang pertama KPU Kota Pasuruan dan penyelenggara KPU Kota Pasuruan yang pertama adalah kita dapat menjadi contoh dalam demokrasi yang dilaksanakan sampai nanti di hari, Rabu tanggal 27 November tahun 2024.Mari kita bersama-sama sukseskan untuk mewujudkan Kota Pasuruan yang lebih bermartabat.


"Kain jurik berbahan katun disemprot parfum aroma Zaitun, Mari berpolitik dengan santun menjadi panutan yang menuntun," ujar Nanang Abidin ketua KPU Kota Pasuruan.



Adi Wibowo, selaku calon Walikota Pasuruan Paslon ANUGRAH menjelaskan

Mekanisme untuk memilih pemimpin di daerahnya masing-masing bahwa demokrasi sebagai jalan untuk mewujudkan apa yang dicita-citakan oleh negara yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.


"Hari ini Alhamdulillah, rangkaian demi rangkaian kegiatan Pilkada sudah kita laksanakan dan malam hari ini adalah komitmen kita untuk bagaimana mewujudkan Pilkada yang damai, tentu ini menjadi bagian komitmen penting kita semua. Kami Pasangan calon beserta Partai pendukung, Partai pengusung, juga berkomitmen bagaimana pilkada ini dilaksanakan secara damai dan menjunjung tinggi demokrasi kita ,karena  sejatinya demokrasi kita pilih sebagai konsensus bangsa kita," jelasnya.


Pada malam hari ini, penyelenggara pemilihan kepala daerah KPUD melaksanakan rangkaian deklarasi Pilkada damai untuk Kota Pasuruan di thn 2024. Dimana, demokrasi sebagai alat yang di yakini mengantarkan kepada keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.


'Harapannya hari ini dengan dukungan elemen seluruh masyarakat yang ingin menjadi sejarah bangsa Indonesia bahwa tahun 2024 ini dilaksanakan Pilkada serentak maka semuanya memahami bahwa demokrasi kita pilih sebagai jalan untuk mewujudkan apa yang menjadi cita-cita bangsa," ucapnya.


Menurutnya, Demokrasi atau Pilkada bukan tujuan tapi adalah alat untuk mewujudkan apa yang di sebut atau apa yang menjadi tujuan negara yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur.


"Alhamdulillah, kalao kita liat hari demi hari demokrasi kita indek demokrasi kita semakin meningkat. Ini dibuktikan kesadaran kita untuk menyadari bahwa perbedaan pilihan politik dan sebagainya adalah sebuah keniscayaan. Belum tentu penghormatan terhadap perbedaan terhadap pilihan politik itu menunjukkan bahwa kedewasaan berpolitik kita semakin meningkat," paparnya.



Untuk itu, Paslon nomor urut 1 ini, juga berkomitmen sebagai pasangan calon dan para pendukung bagaimana melaksanakan Pemilu atau Pilkada sesuai dengan aturan-aturan yang sudah ditetapkan dan bagaimana kampanye yang justru lebih sejuk kampanye yang tidak menyerang atau kampanye yang mengajak masyarakat untuk bersama-sama memberikan ide dan gagasan untuk pembangunan kota Pasuruan.


"Bersama-sama berangkat dari tempat yang berbeda yang penting adalah tujuannya sama mewujudkan cita-cita masyarakat Kota Pasuruan yaitu kota Pasuruan yang semakin lebih baik mari kita dukung generasi damai sebagai wujud komitmen kita sebagai warga negara yang baik untuk menentukan kontribusinya," pungkas Adi Wibowo. (Ichu)

Lebih baru Lebih lama