Dandim 0321 Kabupaten Rokan Hilir Beserta Jajaran Personil Turun Gunung Langsung Tinjau Areal Pesawahan Padi Terancam Kekeringan




ROHIL Sambar.id || Pada Hari Ini Sabtu Tanggal 7 September 2024 Mengabarkan Informasi Publik"

Komandan Kodim 0321 Rokan Hilir Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara P.,S.I.P, melaksanakan peninjauan lokasi persawahan yang terancam kekeringan di Rokan Baru Pesisir, Kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir. Kamis (5/9/2024).


Ratusan hektar lahan persawahan tersebut merupakan lahan ketahanan pangan dibawah binaan Makodim 0321/Rokan Hilir.


Dandim 0321/Rohil Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara P.,S.I.P menyebutkan, kekeringan lahan persawahan ini dikarenakan cuaca saat ini yang tidak menentu.


“Kekeringan lahan persawahan ini mengancam bibit padi para petani yang baru ditanam dan sedang mulai tumbuh menjadi rawan kering dan mati,” ungkap Dandim.


Pihaknya akan mengambil langkah upaya dengan melakukan pemompaan air dari Long Storage yg merupakan bagian dari hasil program optimasi lahan dan rawa(O P L A).


“Saat ini lahan persawahan tersebut sudah kita di aliri air dengan menggunakan mesin bantuan kementerian pertanian. Mudah-mudahan dengan upaya ini kita lakukan" dapat membantu kondisi bibit padi petani kembali segar sampai keadaan cuaca mendukung.


Demi kepentingan masyarakat petani padi yang saat ini dalam binaan Makodim 0321 Rokan Hilir ini,"terkhusus di wilayah rokan baru ini , kami dan jajaran Personil

akan terus lakukan dan pantauan khusus, upaya para petani padi tahun ini tidak gagal tanam dan panen , Imbuhnya.


Laporan:Tim Jurnalis ((Legiman))


Sumber: Rilis

Lebih baru Lebih lama