CENDERAMATA KP. SINDANGSARI RW 07 DESA TALAGASARI MEWARNAI ACARA PENJEMPUTAN KKN DI KECAMATAN KADUNGORA KABUPATEN GARUT

Diki Ahmad - Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) STIEBS NU Garut


SAMBAR.ID, GARUT, JABAR - Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi pelengkap dari deretan pembelajaran mahasiswa di bangku perkuliahan, tak sedikit yang lantas memiliki kenangan manis selama menjalankan KKN berakhir. Ia pun terpaksa harus berpisah dengan warga, hal demikian dialami oleh mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Syariah Nahdlatul Ulama (STIEBS NU) Garut yang sudah melaksanakan KKN di wilayah kecamatan Kadungora Kabupaten Garut yang berjumlah 43 orang dan tersebar di 5 desa, di antaranya desa Rancasalak, desa Karangmulya, desa Karangtengah, desa Talagasari, dan desa Harumansari.


Diki Ahmad, Dosen pembimbing lapangan (DPL) STIEBS NU Garut yang ditemui oleh awak media di sela-sela acara pelepasan/penjemputan KKN tingkat kecamatan di aula kantor Kecamatan Kadungora pada Selasa (10/9/2024), mengaku bahwa mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Nahdlatul Ulama Garut telah melaksanakan KKN dari tanggal 10 Agustus sampai dengan tanggal 10 September ini berjumlah 120 mahasiswa yang tersebar di 2 Kecamatan, yaitu wilayah kecamatan Kadungora berjumlah 43 mahasiswa dan wilayah kecamatan Banjarwangi berjumlah 77 mahasiswa.


“Saya haturkan terima kasih banyak kepada pemerintah kecamatan, desa dan masyarakat yang telah mendukung program/kegiatan KKN ini sehingga berjalan lancar”. Ujarnya


Toni Hendriawan, S.STP., - Sekmat Kadungora 


Di lain tempat, Toni Hendriawan, S.STP. selaku Sekretaris Kecamatan Kadungora mengaku bahwa pihaknya dari awal kedatangan mahasiswa KKN menyambut hangat dan ia bersyukur semoga kedatangan mereka dapat bermanfaat dan menumbuh kembangkan pembangunan perekonomian pemerintahan di tingkat desa, menumbuhkan jiwa sosial dan pengabdian bagi masyarakat desa.


“Saya berterima kasih banyak kepada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Nahdlatul Ulama Garut yang telah melaksanakan KKN di wilayah Kadungora dengan melalui desa. Semoga amal kebaikannya di catat oleh Alloh SWT.” Ungkapnya


Cenderamata Kp. Sindangsari RW 07 desa Talagasari


Sementara itu, Muksin umur 45 tahun warga Kp. Sindangsari RW 07 Desa Talagasari Kecamatan Kadungora mengaku bahwa warga Kp. Sindangsari telah memberikan Cenderamata yang bentuknya menyerupai pajangan rumah/kantor sebagai bukti rasa terima kasih warga kepada para mahasiswa yang telah melaksanakan kegiatan KKN dilingkungan RW 07.


Kurang lebih satu bulan ini para mahasiswa menerapkan study pembelajaran kuliahnya, dan selalu dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan warga RW 07 seperti kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan, swadaya masyarakat sosial dan membantu mengembangkan kelompok ekonomi warga seperti melakukan pemasaran konveksi kerudung yang dipromosikan di tiktok atau media sosial.


“Oleh karena itu kami berharap warga 07 dapat mengimplementasikan seluruh kegiatan-kegiatan selama mahasiswa KKN berada, sehingga RW 07 lebih meningkat dan maju dari sisi kekompakan warga baik swadaya, sosial, maupun ekonomi”. Pungkasnya



Jurnalis : Agus Suhana (Kabiro Garut)

Lebih baru Lebih lama