Cegah Kanker Serviks Sejak Dini, Polres Jepara Lakukan Bakti Kesehatan Pemeriksaan PAP Smear


SAMBAR.ID, Jepara - Polres Jepara | Kepolisian Resor (Polres) Jepara melalui Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Sidokkes) menggelar bakti kesehatan pemeriksaan kesehatan perempuan untuk mendeteksi dini kanker serviks atau kanker leher rahim (PAP Smear).


Kegiatan bakti kesehatan ini dilaksanakan di Klinik Pratama Polres Jepara, pada hari Kamis (26/9/2024).


Selain pemeriksaan PAP Smear, kegiatan bakti kesehatan ini juga melayani pemeriksaan darah berupa cek gula darah, asam urat, kolesterol serta konsultasi dan pengobatan gratis.


Diketahui, Pemeriksaan kesehatan PAP Smear merupakan kerja sama antara Sidokkes Polres Jepara dengan Laboratorium Prodia Jepara yang diikuti sebanyak 51 peserta yang terdiri dari anggota Bhayangkari, Polwan, ASN hingga masyarakat umum.


Saat ditemui disela-sela kegiatan, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan melalui Kasi Dokkes Penata Sri Anik mengatakan, bahwa bakti kesehatan pemeriksaan ini adalah upaya pihak kepolisian melalui layanan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup anggotanya dan masyarakat dengan tujuan dapat meningkatkan kesadaran bahwa kesehatan itu sangat penting.


"Tentunya pencegahan juga tidak kalah pentingnya maka dari itu gunakan kesempatan ini untuk memeriksakan kesehatan kita," ujar Kasi Dokkes.


Menurutnya, saat ini kaum perempuan semakin sadar dengan kesehatan, salah satunya dengan melaksanakan pemeriksaan PAP Smear. 


”Dengan melakukan pemeriksaan PAP Smear ini kita bisa mengetahui lebih dini, kalau ada penyakit kanker dalam tubuh kita. Karena penyakit kanker serviks ini jika sudah diketahui dapat segera bisa ditangani,” terangnya.


Penata Sri Anik ini pun berharap, kegiatan bakti kesehatan ini bisa bermanfaat bagi anggotanya hingga masyarakat untuk mengetahui sejak dini gejala kanker sehingga jika ada yang positif dapat ditangani secepatnya.


"Kita terapkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari," imbaunya.


Disamping itu, ia menyampaikan harapannya agar kegiatan pemeriksaan kesehatan seperti ini dapat dilakukan secara rutin dengan lebih banyak peserta.


“Kami berharap, melalui pemeriksaan rutin ini, para peserta dapat lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan dan melakukan pemeriksaan berkala,” ucapnya.


Polres Jepara berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan bakti kesehatan terbaik bagi anggotanya dan masyarakat sekitar, sehingga dapat mendukung terciptanya lingkungan yang sehat dan produktif. 


Kegiatan ini merupakan langkah nyata dalam upaya pencegahan dan penanganan dini penyakit kanker serviks.


Dengan berlangsungnya kegiatan ini secara lancar dan aman, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini dan pengelolaan penyakit kanker serviks.


“Kesehatan adalah investasi jangka panjang, dan kami akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk memastikan bahwa setiap anggota Polri dan masyarakat memiliki akses terhadap pemeriksaan kesehatan yang berkualitas,” pungkasnya.


(Toni-Kabiro Jepara)

Sumber : humas polres Jepara 

Lebih baru Lebih lama