Bupati Salurkan Honor 124 Kader KB Selupu Rejang




SAMBAR.ID BENGKULU || Bupati Rejang Lebong, Drs.H. Syamsul Effendi, MM menyalurkan honor 124 petugas Pos/Sub PPKBD yang bertugas di 13 desa dan 3 kelurahan di wilayah Selupu Rejang. Penyerahan honor Bulan Juli – September itu dilakukan bupati secara simbolis di aula Kecamatan Selupu Rejang, pukul 15.00 WIB, Kamis, (19/9).


‘’Hari ini saya merasa senang. Karena seluruh ibu ibu Kader PPKBD yang hadir tampak bersemangat. Jadi saya ikut bersemangat juga,’’ kata bupati dalam acara Pembinaan Lini Lapangan Kader Pos/Sub PPKBD yang digelar Dinas DP3APPKB.


Dikatakan, berkat upaya dan kerja keras para Kader Pos/Sub Petugas Pembantu KB Desa (PPKBD) tahun 2023 bupati dan istri, HJ Hartini Syamsul Effendi, S.Sos, MSi selaku Ketua TP PKK telah meraih penghargaan Satya Manggala Kencana dan Karya Manggala Kencana dari Kepala BKKBN pusat, Dr.Hasto Wardoyo, LC.


‘’Kerja ibu-ibu sangat bermanfaat bagi masyarakat. Selain memberikan penyuluhan dan pembinaan soal KB juga mendukung upaya penurunan stunting. Jadi, saya ucapkan terimakasih atas pengabdian seluruh ibu-ibu kader KD desa di wilayah Selupu Rejang ini,’’ tutur bupati. 


Sementara Kepala Dinas DP3APPKB, Sutan Alim, total Kader Pos/Sub PPKBD di wilayah Selupu Rejang mencapai 124 orang. 


‘’Selama ini honor kader KB ini hanya Rp.27.000 per bulan. Kini sudah dinaikan menjadi Rp.95.000 per bulan. Honor Kader KB di Rejang Lebong di banding honor di daerah lain masih menempati posisi tertinggi di Bengkulu. Honor pengabdian 3 bulan akan kita bayarnya sebesar Rp 285.000,’’ jelas Sutan.


Para Kader KB ini lanjut Sutan, merupakan ujung tombang pelaksanaan program KB. Karena para kader yang melakukan sosialisasi program program KB di desa masing-masing. Selain itu, para kader juga melakukan kerjasama dengan perangkat desa, perangkat agama, perangkat adat. Serta tokoh masyarakat.


‘’Pembinaan Lini Lapangan Pos/Sub PPKBD ini rutin kita laksanakan. Semoga kinerja dan pengabdian para kader KB desa ini dapat sudah bagus. Terbukti Rejang Lebong berhasil menyandingkan 2 penghargaan tertinggi. Yakni, Satya Manggala Kencana dan Karya Manggala Kencana sebagai penghargaan dalam menyukseskan Program Nasional Bangga Kencana,’’ ujar Sutan.


Dikatakan, total kader KB yang ada mengabdi di 156 desa dan kelurahan di Rejang Lebong mencapai 1.022 orang. 


‘’Para Kader KB ini minimal lulusan SMA sederajat serta mampu mengoperasikan android. Karena para kader yang wajibkan membuat laporan berbasis elektronik,’’ ungkap Sutan.


Pembinaan Lini Lapangan Pos/Sub PPKBD Selupu Rejang ini juga dihadiri Sekcam Selupu Rejang, Sukandar, S.Sos, MSi. 

 ( SJ )

Lebih baru Lebih lama