Bupati Buka Orientasi Pembina Pramuka



SAMBAR.ID BENGKULU ||Bupati Rejang Lebong, Drs.H.Syamsul Effendi, MM selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kama bicab) Gerakan Pramuka 0702, membuka kursus orientasi Pembina Pramuka tingkat cabang 0702. Kursus ini digelar di aula M T S Muhammadiyah pukul 08.30 WIB, Sabtu, (14/9).


Prosesi pembukaan kursus yang diikuti 400-an Pembina Pramuka itu dihadiri Kadis Dikbud, Drs. Novrianto, MM, Ketua Pusdiklat 07 Bengkulu, Widia nolo, Ketua Kwarcab 0702, Rezza Pahlevi, SH, MM. Serta segenap personel Pusdiklat Kab 0702 dan para andalan cabang dan ranting.



‘’Kakak kakakku, kursus orientasi Pembina Pramuka ini merupakan salah satu jenjang kursus yang diselenggarakan khusus anggota dewasa. Hal ini dilaksanakan untuk mengimbangkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi global yang terus bergerak. Untuk pengetahuan dan kemahiran Pembina perlu disesuaikan,’’ kata bupati.


Bagaimanapun perubahan itu lanjut bupati, namun,tentu tidak boleh mengubah prinsip- prinsip dasar yang terkandung dalam Gerakan Pramuka."Namun, perubahan itu harus dijadikan penguatan nilai nilai dasar kepramukaan,’’ ujar bupati.



Dikatakan, sebagai Pembina, kakak kakak dituntut untuk terus mengasah dan meningkatkan kemampuan. Sehingga mampu memandu generasi muda dalam menyongsong ‘’Indonesia Emas’’.


Bagi anggota dewasa, Pramuka tutur bupati, bukan permainan. Tapi merupakan tugas yang memerlukan keikhlasan dan pengabdian dalam menyukseskan pencapaian tujuan organisasi.


‘’Kita selaku warga Pramuka wajib memaknai tujuan Pramuka. Yakni, mendidik anak-anak dan pemuda dengan prinsif prinsif dasar dan metode kepramukaan. Sehingga anggota Pramuka menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur. Serta bermental tinggi, moral, budi pekerti yang kuat dalam beragama. Untuk itu jadikanlah kursus orientasi ini sebagai momentum untuk meningkatkan kwalitas pribadi,’’ demikian bupati.


Sementara Ketua Kwarcab 0702, Rezza Pahlevie menjelaskan, kursus orientasi ini diikuti 400-an Pembina Pramuka dari SD, SMP, SMA/SMK sederajat di Rejang Lebong.


‘’Setiap anggota Pramuka harus memiliki disiplin tinggi, berani, setia dan berakhlaq mulia. Inilah wujud kepribadian Pramuka,’’ tutur Rezza. 


Rezza Pahlevi yang juga Kadispora Rejang Lebong itu mengucapkan terimakasih kepada bupati yang telah mendukung pelaksanaan program-program Pramuka. 


‘’Untuk itu, Kwarnas Pramuka telah memberikan penghargaan tertinggi, Dharma Bhakti 2024 kepada bupati selaku Kamabicab. Karena sejak tahun 2021 -2024 pak bupati telah memberikan dukungan dana untuk kelancaran kegiatan Pramuka,’’ terang Rezza. 

.( SJ )

Lebih baru Lebih lama