BKDSDM Donggala Gelar Bimtek Penyusunan E-Kinerja, Ini Pesan PJ Bupati Melalui Asisten I Pemkab

CAPTION : Mewakili Pj Bupati Donggala Moh Rifani Pakamundi, Asisten I H. Mohammad Yusuf, Lamakampali S.E., M.Si saat membuka bimtek penyusunan laporan E-Kinerja di Swissbell Hotel Palu/F-Abubakar Sambar Id 


SAMBAR.ID, Palu, Sulteng - Bertempat di Swiss Bell Hotel Palu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala melalui Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia (BKDSDM) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan dan penilaian E-kinerja Tahun 2024.


Olehnya mewakili sambutan Pj Bupati Donggala Moh Rifani Pakamundi, Asisten I H. Mohammad Yusuf, Lamakampali S.E., M.Si mengatakan momentum Ini harus menjadi kebahagiaan tersendiri bagi ASN sekalian.


Sebab kata Asisten I Donggala, Bimtek penyusunan dan penilaian E- kinerja, tujuan utamanya adalah dimana ASN diajarkan cara mengelolah dan memahami kinerja dengan baik. 


Dalam Undang Undang (UU) ASN Nomor ini 20 tahun 2023 tentang aparatur sipil negara tertuang bahwa aparatur sipil negara dituntut mampu mengelolah E-Kinerja sebagai proses hasil kerja tinggi dan perilaku yang sesuai nilai dasar ASN.


"Sebuah kondisi yang tentu saja Memberikan konsekuensi logis bagi Aparatur Sipil Negara (ASN -Red) untuk terus meningkatkan penyusunan dan penilaian ekinerja dalam pengelolaan E-Kinerja," ujarnya, Selasa, (17/9/2024) pukul 09.00 Wita.


Untuk dapat menjalankan fungsi dan perannya secara profesional, bertanggungjawab serta dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas ASN, kemudian Berdampak positif dan langsung terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.


Baik dalam hal sikap, administrasi yang rapi, cepat dan tepat, serta mekanisme komunikasi yang jelas dan mudah dipahami, menjadi suatu keharusan ditengah kehidupan masyarakat yang sangat dinamis saat ini. 


"Perlu diketahui berdasarkan hasil evaluasi aplikasi e-kinerja terdapat asn yang menginput E-Kinerja dengan jumlah Asn Donggala sebanyak 6.695 ASN yang terdata di SIASN BKN, dan yang sudah menginput di aplikasi E-kinerja berjumlah 5.120 ASN," ungkap Asisten I.


Dimana jumlah tersebut masih dalam bentuk draf berjumlah 274 ASN, dalam bentuk pengajuan berjumlah 105 ASN, dan dalam bentuk persetujuan berjumlah 4.471 ASN sehingga persentase E-Kinerja kabupaten donggala tahun 2024 baru mencapai 76,47 Persen ASN. 


"Kabupaten Donggala adalah Kabupaten yang ke 10 (sepuluh) terdaftar dari 13 Kabupaten/kota Se-Sulawesi Tengah (Sulteng) yang mana mendapat peringkat ke 6 dari 13 Kabupaten/kota Se-Sulawesi Tengah," Sebut Yusuf. 




Pemkab Donggala merupakan salah satu daerah yang progres penginputan e-kinerja di wilayah Kabupaten/Kota Propinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan capaian diatas rata-rata. 


Oleh karena itu diharapkan ASN untuk lebih serius dalam hal ini, karena berimplikasi kepada proses kenaikan pangkat dan berkala serta administrasi kepegawaian lainnya.


"Saya berharap kepada seluruh ASN di Donggala untuk terus meningkatkan kapasitas dan kualitas diri, etos kerja yang produktif, terampil dan kreatif dan agar selalu belajar mau berbenah diri senantiasa mengasah  keterampilan untuk dapat melaksanakan tugas Pemkab Donggala," pintanya.


'Kiranya demikianlah yang dapat saya sampaikan. sekali lagi saya ucapkan selamat kepada peserta sekalian, selamat menjalankan kegiatan bimtek ini dengan lebih baik lagi, lebih disiplin dan lebih bertanggung jawab atas Marwah Pemkab Donggala yang sedang kita perjuangkan ini," pungkasnya melalui sambutan Pj Bupati.


Dengan kata lain, harapannya teruslah bekerja dengan menggali potensi diri masing - masing sesuai dengan bidang pekerjaannya, dan jadilai pioneer bagi terselenggaranya birokrasi yan sehat dan pemerintahan yang baik. 


Sementara hadir pula pada kesempatan itu Pemateri Madya Shinta Putri S.Psi MM, golongan IIIC /Penata S2, manajemen PPM School Of Manajemen Jakarta,. kemudian di gagas oleh Septian Nurfikri S.AB. 


Serta tak ketinggalan para Kepala OPD Lingkup Pemkab Donggala, Forkopimda, Para Peserta serta tamu undangan OPD. (Abu Bakar/Red).










Lebih baru Lebih lama