Bhabinkamtibmas Polsek Pana Laksanakan Pengamanan Apel Simulasi Uji SOP Kampung Siaga Bencana Tahun 2024

Bhabinkamtibmas Polsek Pana Aipda Yosep K.H Melaksanakan Pengamanan Apel dan Simulasi Uji SOP Kampung Siaga Bencana di Kec. Nosu, Kab. Mamasa, Jumat 20 September 2024


Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, di antaranya, PJ Bupati Mamasa Dr. Muh Zain Perwakilan Kemensos RI, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Barat diwakili oleh Ardiyansyah, Kasie Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam dan Bencana Sosial, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mamasa diwakili oleh Arianto Botta, Kabid Penanganan Bencana, Camat Nosu Yuliana S.Sos, MM, Lurah Nosu yang diwakili oleh Sekretaris Lurah Darmawati Solon, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kecamatan Nosu Tokoh masyarakat dan tokoh pendidik Kecamatan Nosu


 Dalam kegiatan ini, PJ Bupati Mamasa bertindak sebagai inspektur upacara dan secara resmi mengukuhkan Tim Kampung Siaga Bencana yang terdiri dari 60 orang. Dalam amanatnya, beliau menekankan pentingnya keberadaan Kampung Siaga Bencana sebagai langkah preventif dalam menghadapi bencana di Kabupaten Mamasa, khususnya di Kecamatan Nosu. 


Bupati juga menggarisbawahi bahwa Kampung Siaga Bencana yang dibentuk oleh Kementerian Sosial RI adalah salah satu program prioritas di Kecamatan Nosu, dan diharapkan dapat berfungsi secara optimal ketika bencana terjadi. Beliau juga mengajak seluruh elemen pemerintah, mulai dari camat, lurah, kepala desa, hingga tokoh masyarakat dan pemuda untuk bersinergi dengan tim Kampung Siaga Bencana agar selalu siap dan tanggap menghadapi situasi darurat. 


Rangkaian kegiatan ini telah berlangsung selama tiga hari. Pada 18 September 2024, dilakukan sosialisasi tentang Kampung Siaga Bencana oleh staf dari Kementerian Sosial RI. Keesokan harinya, pada 19 September 2024, tim Kampung Siaga Bencana yang telah dibentuk mengikuti pelatihan di Lapangan Sepak Bola Lumika, Kelurahan Nosu. 


Kemudian, pada 20 September 2024, digelar Apel dan Simulasi Uji SOP Kampung Siaga Bencana, sekaligus pengukuhan tim Kampung Siaga serta simulasi di tempat yang sama. Kegiatan ini berakhir pada pukul 11.05 WITA dengan situasi aman dan kondusif.


Humas Polres Mamasa Polda Sulbar

Lebih baru Lebih lama