Bhabinkamtibmas Polsek Mamasa Laksanakan Pengamana Pembentukan dan Penyuluhan Desa Binaan Imigrasi

MAMASA--Bhabinkamtibmas Polsek Mamasa Brigpol Akbar Laksanakan Pengamanan di Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Polewali Mandar melaksanakan kegiatan pembentukan dan penyuluhan Desa Binaan Imigrasi di Kabupaten Mamasa, Selasa 23 September 2023


Dalam acara ini, hadir beberapa tokoh penting, di antaranya Adithia Perdana Barus selaku Kepala Kantor Imigrasi Polman, Anwar, S.Pd., MM, Kepala Dinas Transnaker Mamasa, Abner, Sekretaris Camat Mamasa, serta Dharma Saputra dari BP3MI Sulawesi Selatan. Selain itu, hadir pula perwakilan dari berbagai instansi seperti Polsek Mamasa, Dinas PMD Mamasa, serta perwakilan desa dan sekolah setempat. 


Rangkaian kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, diikuti dengan laporan dari ketua panitia, penyerahan SK kepada Pemerintah Desa Osango sebagai desa binaan, penyampaian materi, diskusi, dan diakhiri dengan penutupan. 


Dalam sambutannya, Sekcam Mamasa, Abner, menyampaikan apresiasi kepada pihak Imigrasi yang telah menunjuk Desa Osango sebagai desa binaan. "Kegiatan ini memberikan banyak informasi penting, khususnya terkait prosedur bekerja di luar negeri," ujarnya. 


Adithia Perdana Barus selaku Kepala Kantor Imigrasi Polman, menjelaskan tujuan dari pembentukan desa binaan ini. "Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang fungsi Imigrasi, terutama dalam hal pengawasan lalu lintas orang yang keluar masuk wilayah Indonesia serta pencegahan pekerja migran yang tidak sesuai prosedur," jelasnya. 


Ia juga menekankan pentingnya peran seluruh elemen masyarakat, termasuk perangkat desa, TNI, dan Polri dalam menjadi agen informasi dan pencegahan. Dalam sesi penyuluhan, berbagai materi disampaikan, seperti prosedur pembuatan paspor, cara mencari kerja di luar negeri, layanan paspor di Kabupaten Mamasa, hingga pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan perlindungan pekerja migran Indonesia. Acara ini ditutup pada pukul 12.50 WITA dengan situasi aman dan terkendali. 


Desa Osango resmi menjadi desa binaan Imigrasi di Kabupaten Mamasa, ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) dari Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Polewali Mandar kepada pemerintah desa.


Humas Polres Mamasa Polda Sulbar

Lebih baru Lebih lama