RT. 02 /RW.10.Memberikan Support Kepada Acara Karnaval Kirap Tingkat Kelurahan Trajeng Bersama-sama Menonjolkan Baju Adat




PASURUAN KOTA  SAMBAR.ID. || Karnaval Kirab Budaya yang pertama kali digelar oleh Pemerintah Kelurahan Trajeng, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Pasuruan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 berlangsung meriah, pada Sabtu (24/08/2024) sore. Ribuan penonton memadati sepanjang rute karnaval yang menampilkan Kebhinekaan Indonesia. 


Karnaval Kirab Budaya ini diikuti oleh seluruh RT dan RW se-Kelurahan Trajeng, dengan masing-masing menampilkan berbagi kreasi seperti Busana Adat Nusantara, Aneka keragaman seni dan budaya Indonesia, Kostum perjuangan serta kreasi busana berbahan daur ulang dari plastik dan kertas. Seluruh peserta mulai dari anak-anak, Pemuda hingga Ibu-ibu tampil memukau menyuguhkan kreatifitasnya.


Nampak Hadir beberapa tamu kehormatan, diantaranya Kepala Kelurahan Trajeng, Wakil Wali Kota Pasuruan, Muspika Kecamatan Panggungrejo, Polres Kota Pasuruan, Polsek Gadingrejo, Babinsa dan seluruh ketua RT/RW Kelurahan Trajeng.


Seluruh peserta karnaval kirab Budaya ini, dilepas langsung oleh Kepala Kelurahan Trajeng, Muhammad Erfan Efendy S.IP, MM., didampingi Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, S.T.P., M.Si bersama jajaran Muspika, dengan Start dari depan Kantor Kelurahan Trajeng.


Kontingen dari RT.02 RW.10 sangat memukau para penonton, mereka yang tergabung dalam kontingen karnaval kirab budaya ini begitu antusias berjalan dihadapan para tamu kehormatan dengan berbagai kreatifitas yang disuguhkan. Terlebih bagi para orang tua nampak ramai memberikan support pada anak-anaknya yang ikut dalam karnaval ini. 



Menariknya kontingen dari RT.02 RW.10 ini menyuguhkan berbagai kreasi busana berbahan daur ulang dengan desain yang menakjubkan, hasil kreatifitas dari para pemuda dan ibu-ibu setempat.


Kepala Kelurahan Trajeng, Muhammad Erfan Efendy S.IP, MM., saat dikonfirmasi awak media Bratapos.com mengatakan, Alhamdulillah kegiatan Karnaval Kirab Budaya yang perdana kami selenggarakan ini berjalan lancar dan aman. Ini bisa terwujud berkat kerjasama semua pihak, terutama seluruh ketua RT/RW, pemuda karang taruna dan segenap masyarakat Kelurahan Trajeng. 


"Acara karnaval ini baru pertama kali kita selenggarakan dan InsyaAllah akan kita agendakan setiap tahun," ujar Muhammad Erfan Efendy.


"Ditahun depan kita akan gelar Karnaval lebih meriah lagi," sambungnya.


Muhammad Erfan Efendy menjelaskan, acara karnaval ini terwujud atas kerjasama seluruh lapisan masyarakat bersama lima elemen agama saling bahu-membahu demi terselenggaranya karnaval kirab budaya khususnya di Kelurahan Trajeng dan Umumnya seluruh masyarakat kota Pasuruan.


"Dengan dukungan semua pihak mulai dari panitia pelaksana, seluruh RT/RW dan pemuda karang taruna acara karnaval ini bisa terlaksana dengan meriah," ungkapnya.


Sementara Wakil wali kota Pasuruan, Adi Wibowo, S.T.P., menyampaikan bahwa acara karnaval di Kelurahan Trajeng kali ini terlihat kompak, harmonis dan sangat meriah. Terlebih animo masyarakat begitu antusias menyambut karnaval yang pertama kali digelar ini.


"Semoga dengan digelarnya karnaval kirab budaya ini, warga masyarakat Kelurahan Trajeng dan sekitarnya bisa terhibur sekaligus untuk menumbuhkan kreatifitas," tutur Adi Wibowo.


Ditambah kan oleh salah satu peserta kontingen dari RT.02 RW.10 mengungkapkan, kami sangat senang sekaligus bangga adanya kegiatan karnaval ini. Kami berharap kekompakan dan kerukunan seluruh warga Kelurahan Trajeng tetap terjalin serta saling support di setiap kegiatan apapun.


"Saya mengajak kepada segenap warga RT.02 RW 10 mari kita jaga kekompakan, kita songsong Hari Kemerdekaan RI ke-79 dengan semangat perjuangan," ujarnya.


Dengan apa yang kita tampil kan hari ini, merupakan bentuk penghormatan atas jasa para pejuang bangsa sekaligus membudayakan kepada generasi muda mengenal ragam busana adat nusantara dan kekayaan seni dan kebudayaan Indonesia. ( AL )

Lebih baru Lebih lama