Pilkada Babel Bakal Menghadirkan Lawan Kotak Kosong

Musda Anshori 

SAMBAR.ID, Opini, BABEL - 
Mendekati Hari Pendaftaran pencalonan Wakada di Babel terutama di Kabupaten Bangka dan Kotamadya pangkal pinang dengan aksi borong parpol oleh satu  paslon membuat kontestasi politik dianggap sebagian masyarakat pemilih benar- benar membunuh proses demokrasi .


Masyarakat bangka belitung masih dihibur dengan adanya kontestasi pilgub babel yang menghadirkan 2 pasangan calon yaitu Erzaldi Rosman -Yuri dan Hidayat Arsani dan Helliyana.


Namun pada pilkada di Kabupaten dan Kota di pulau bangka seolah partai politik yang ada di daerah terbelenggu dengan titah partai dipusat .


Sehingga yang terjadi seolah- olah kepentingan finansial partai yang menjurus kepada pasangan petahana yang dianggap mempunyai kans kuat untuk menang dalam kontestasi,dan seolah  tidak berani kalah.


Pesta demokrasi yang diharapkan sebagai wadah masyarakat memilih calon kandidat kepala daerah yang visioner,bersih  dan mampu membawa perubahan yang signifikan ke arah yang lebih baik dari keterpurukan sosial ekonomi dan permasalahan hukum di Babel menjadi lebih baik seolah pupus.


Mendekati hari pendaftaran para calon Wakada periode 2024-2029 mulai tanggal 27 Agustus 2024 s/d  29 Agustus 2024. Sudah mulai terlihat bahwa paslon tunggal di Kotamadya Pangkalpinang adalah Molen - Hakim, sedangkan dikab.Bangka paslon Mulkan - Ramadian telah menyapu bersih partai politik sebagai pengusung.


KPU masing masing wilayah pastinya akan segera mensosialisasikan dan menyiapkan lawan yang tidak terlihat namun nyata yaitu " KOTAK KOSONG"  jika terjadi paslon tunggal terkait wakada .Atau memperpanjang waktu  pendaftaran para paslon wakada.


Sebagian masyarakat dipastikan akan banyak yang awam terkait Kotak Kosong tersebut. Kemungkinan juga karena kurang sosialisasi KPU akan semakin besar pemilih melakukan GOLPUT ke TPS.


Besarnya cost politik dan anggaran negara yang dikeluarkan untuk pilkada seharusnya masyarakat disuguhkan pesta demokrasi yang meriah. Dimana kontestasi harusnya berjalan sengit dengan menghasilkan pemimpin daerah yang berintegritas dan mampu membawa babel bangkit dari keterpurukan sosial ekonomi.


Pilkada yang pragmatis tentunya tidak kita harapkan karena yang kita amati sebagian besar paslon yang maju saat ini adalah para pemimpin daerah yang sudah terlihat rekam jejaknya selama ini apakah ideal dan mampu menjadi pimpinan daerah yang berintegritas dan diterima oleh masyarakat babel.


Kesadaran masyarakat pemilih kepada penyelenggara pemilu kada benar-benar bisa mensosialisasikan kondisi ini dengan mempertimbangkan edukasi dan hak warga negara dalam menentukan pilihannya. Harapan kita mencapai pemilukada yang berkualitas ,berjalan aman dan damai tentunya .


OPINI

Penulis : M.Anshori  sebagai aktivis muda dan jurnalis di Babel.

Lebih baru Lebih lama