Penghijauan Berantas Bersinar Di Area Sitis Raos Pasinan Oleh Kodim 0819/Pasuruan





PASURUAN  Sambar.id. - Penghijauan merupakan suatu upaya untuk mengembalikan dan meningkatkan efektivitas lahan agar dapat berfungsi dengan baik dan secara optimal. Selain itu juga sebagai pengatur tata air untuk mencegah banjir maupun untuk melindungi lingkungan yaitu mencegah timbulnya pencemaran.


Program terkait penghijauan melalui penanaman pohon di wilayah teritorial Kodim 0819/Pasuruan sudah sering dilaksanakan. Pada kali ini program penghijauan berlangsung di brantas bersinar di area situs raos pasinan tepatnya di Desa Carat Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan - Jawa Timur. (Kamis, 29/8/2024).


Kegiatan penghijauan tersebut masih dalam satu rangkaian dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun RI ke 79. Adapun acara dihadiri lebih kurang 300 orang tamu undangan dan dimulai pada pukul 08.25 WIB sampai dengan selesai. Penghijauan saat ini mengambil tema "Pembinaan Lingkungan Hidup Di Sepanjang Sungai Brantas Wilayah Binaan Kodim 0819/Pasuruan".


Dandim 0819/Pasuruan Letkol Arh Noor Iskak, S.T., dalam sambutanya mengucapkan banyak terima kasih kepada Forpimda Kabupaten Pasuruan maupun yang mewakili dan seluruh tamu undangan yang hadir dalam kegiatan penghijauan yaitu penanaman pohon.


Letkol Arh Noor Iskak juga menyampaikan bahwa kegiatan penghijauan penanaman pohon di Aliran sungai brantas merupakan program dari Pimpinan atas menjaga lingkungan dengan tujuannya agar sisi aliran sungai brantas biar aman, lancar bisa mengaliri ke pertanian serta mencegah dan menyelamatkan lingkungan hidup disekitarnya.


Alokasi bibit pohon yang akan ditanam di wilayah Pasuruan sebanyak 1.700 batang pohon terdiri dari Pohon Sengon, Kayu putih, Nangka, Mangga, Matoa dan Durian. Penanaman bibit kali ini adalah 2 kilometer dari area bantaran sungai Brantas di Desa Carat, Kecamatan Gempol Kabupaten pasuruan.


Di lokasi, selain penanaman pohon juga dilaksanakan penyerahan Bantuan Sosial (Bansos) yang diberikan kepada warga masyarakat Desa Carat Kecamatan Gempol. Hadir dalam kegiatan Pj. Bupati Pasuruan Andriyanto, Dandim 0819/Pasuruan Letkol Arh. Noor Iskak S.T, Perwakilan Kapolres Pasuruan, Forkopimda Kabupaten Pasuruan, Ketua GM FKPPI Kabupaten Pasuruan Ayik Suhaya, Direktur PT. KT&G dan para Undangan.


( AL )

Lebih baru Lebih lama