Dua Hari Dua Malam Gelar Haul, Selamatan Desa Pohgedang dan Peringati HUT ke-79 RI


SAMBAR.ID// PASURUAN - Menakjubkan, selama dua hari dua malam mulai hari Sabtu (24/8) hingga hari Minggu (25/8) gelar acara selamatan Desa dan semarak peringati HUT ke-79 Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia serta Haul kepada sesepuh di Desa Pohgedang, Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan. Minggu (25/8/2024)


Hadir dalam acara, Misrodji selaku Kepala Desa, Aliya masykuro Ibu Kades, Sa'deyah ketua Muslimat, Solihati ketua Fatayat, Ibu nyai Afida dari Desa Pukul, Panitia, Perades, Forkopimcam, Tomas dan pemuka agama,  beserta jajaran masing-masing, berikut para tamu undangan, para peserta dan antusias hadir ribuan warga Desa Pohgedang.


Berbagai macam rangkaian acara yang sangat meriah digelar Desa Pohgedang setiap tahunnya makin meriah, kali ini selama dua hari dua malam rangkaian acara yang meliputi:


Sabtu pagi hingga sore (24/8), gelar acara Turba Muslimat bersama Fatayat se-Desa Pohgedang berikut pembagian 70 kaos panitia dan 45 kaos kepada Kader berikut pemberian penyematan kain seragam khusus Muslimat yang diberikan secara simbolis oleh Aliya Masykuro Ibu Kades Pohgedang



1 malam harinya, dilanjutkan dengan acara Al-Banjari bersama Ponpes dan Madrasah berikut para tokoh pemuka agama yang terbagi 8 kelompok Banjari di wilayah Desa Pohgedang dan sekalian pembagian kas untuk organisasi.


Minggu pagi pukul 07:00 WIB hingga sore (25/8), acara jalan sehat yang diikuti peserta warga Desa Pohgedang dengan rute start dari Dusun Pijeng menuju garis finish di kantor Balai Desa Pohgedang dengan hiburan musik elektone sebagai pelepas lelah.



Peserta jalan santai mendapatkan kupon undian berhadiah yang fantastis dengan mendapatkan motor listrik, sepeda gunung, kambing, kulkas, kipas angin, setrika, dan ratusan dorprisse dan souvenir lainya dengan total keseluruhan anggaran senilai 25.000.000 rupiah.


2 malam harinya, acara Ishari anak cabang se-Kecamatan Pasrepan berikut mengundang beberapa ranting dari Kecamatan Kejayan. Serta pembagian kas kepada 5 anak ranting, masing-masing per anak ranting Desa Pohgedang untuk kas senilai 1.000.000 rupiah.


Kepala Desa Misrodji sangat bersyukur dan bangga dengan seluruh warga Desa Pohgedang yang terdiri dari 4 Dusun dan 5 Pedukuhan, acara berjalan dengan sukses, aman, tertib dan kondusif. dan ia berharap kedepannya makin meriah lagi.


Alhamdulillah, terimakasih banyak kepada seluruh warga Desa Pohgedang terima kasi kepada semua Perangkat Desa dan para Panitia. Saya berharap kedepannya lebih baik lagi, lebih meriah lagi, biar Masyarakat Desa Pohgedang itu senang," ujar Kepala Desa Misrodji.


Puncak acara ditutup dengan acara selamatan dan Haul kepada para sesepuh Desa Pohgedang serta doa kepada para pejuang yang telah gugur demi kemerdekaan Negara Republik Indonesia.



"Momennya puncak acara selamatan Desa dan memperingati HUT di maknai itu adalah Haul para Suhada', para pahlawan, juga sekalian Haul para sesepuh yang sudah mendahului kita," pungkasnya. (Ilmia)


Lebih baru Lebih lama