Wujudkan Ketahanan Pangan Perikanan, DKP Donggala dan Lanal Palu Berdayakan Pokyan Lalombi

Caption : Pemkab Donggala melalui Dinas Kelautan Perikanan, Sekda Donggala Dr. H Rustam Effendi, Kadis DKP Ali Assegaf, dan Dan Lanal Palu, Tebar 1 Juta Benih Ikan Bandeng dan udang sekaligus berdayakan Pokyan Desa Lalombi/F-Abubakar Sambar Id.


Sambar.Id, Donggala, Sulteng - Dalam mendukung Ketahanan Pangan Nasional, wilayah Kabupaten Donggala ditunjuk sebagai salah satu central Pangan yakni tepat berada di Desa Lalombi, Banawa Selatan, donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng).


Menindaklanjuti hal itu Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kabupaten Donggala menggandeng Lanal Kota Palu, menggelar "Aksi Tebar 1 Juta Benur" di wilayah kerjanya mengambil peran ketahanan Pangan, khususnya di sektor perikanan kelautan.


Demikian diungkapkan, Kadis DKP Donggala, Ali Assegaf S.Pi, M.H kepada sejumlah awak media online diruang kerjanya, Kamis, (11/7/2024) siang.


"Karena hal ini merupakan isu nasional alias program nasional berkaitan dengan pangan. Apalagi kita kan tahu, dunia saat ini dalam Krisis kebutuhan pangan, karena konflik antar negara seperti contoh Ukraina vs Uni Soviet dan sebagainya," kata Ali Assegaf.


Maka dari itu lanjutnya, untuk menghindari krisis pangan di Indonesia tersebut. Pemerintah Pusat mencanangkan ketahanan pangan nasional harus diperkuat, khususnya di bidang perikanan.


"Caranya memperkuatnya ketahanan pangan tersebut, dengan memberdayakan masyarakat nelayan, pembudidaya, maupun masyarakat pengolah. Inilah peran Lanal Palu sesuai tupoksi wilayah kerjanya termasuk di wilayah Lalombi, Donggala," terangnya.




Olehnya itu, DanLanal Palu dan DKP Kabupaten Donggala bekerjasama bagaimana masyarakat khususnya pembudidaya, memberdayakan seluruh lahan tambak, kolam dan usaha penangkapan ikan, harus dioptimalkan menjadi produksi ketahanan pangan.


"Berkaitan dengan hal itu, Lanal Palu mengambil sikap, untuk melakukan semacam aksi penebaran 2 benih yakni, usaha ikan bandeng, dan benih udang Vanamei. Apalagi bandeng sudah terkenal, Alhamdulillah setelah kita arahkan itu, semua dihadiri seluruh stakeholder dan Forkorpimda donggala," cetusnya.


Sementara itu, pada saat agenda penyebaran benih Ikan Bandeng dan Udang Vanamei, Rabu kemarin (10/7/2024) dihadiri langsung PJ Bupati diwakili Sekretaris Daerah, Dr. H Rustam Effendi, Kadis DKP Donggala, Ali Assegaf, Jajaran Dan Lanal Palu serta Forkopimda.


"Aksi penyebaran benih ini, diserahkan bantuan kepada 5 Kelompok Nelayan (Pokyan) Budidaya, yang ada di Desa Lalombi, Banawa Selatan, Donggala. Dirangkaikan dengan pemberian bantuan Nener (benih) ikan bandeng," ungkapnya lagi.


Harapannya, Deng diserahkannya Bantuan Benih Benur dan Nener tersebut ke Pokyan bisa meningkatkan produksi, jika terpenuhi, bisa mendorong ketahanan pangan sektor perikanan, kemudian dipilihnya Desa Lalombi, adalah lokus sentral ketahanan Pangan di Kabupaten Donggala. (Abu Bakar/Red).







Lebih baru Lebih lama