Serap Aspirasi Masyarakat, Cabup Bupati Erwin Burase Komitmen Selesaikan Problem Petani

Caption : Komunitas petani di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), menaruh harapan besar kepada Erwin Burase, Bacalon Bupati Parimo/F-IST 


Sambar.Id, Parimo, Sulteng - Komunitas petani di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), menaruh harapan besar kepada Erwin Burase, Bakal Calon Bupati yang akan bertarung di kontestasi Pilkada Parimo 2024, untuk dapat menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi oleh para petani setempat.


Dalam sebuah pertemuan yang dihadiri oleh puluhan petani, para petani secara bersamaan, menyuarakan berbagai permasalahan yang selama ini menghambat kelancaran usaha pertanian mereka.


Mulai dari ketersediaan pupuk yang terbatas, fluktuasi harga produk pertanian yang tidak menentu, hingga infrastruktur pertanian yang masih perlu ditingkatkan.


Adalah Zakariah, salah satu perwakilan petani yang hadir menyampaikan aspirasinya, agar perhatian pemerintah kepada para petani lebih ditingkatkan.


Dirinya merupakan salah satu Ketua kelompok tani di Kecamatan Parigi Selatan ini mengemukakan, persoalan pupuk masih jadi kendala terbesar, yang dihadapi para petani dalam mengolah lahannya.


Misalnya, ketika para petani telah memupuk padinya dan tiba-tiba lahannya terendam banjir, seperti bencana banjir yang belum lama ini terjadi di Parigi Moutong, ini yang luput dari perhatian pemerintah.


“Kami juga butuh sentuhan-sentuhan pemerintah untuk memperhatikan padi kami, ketika sudah kami pupuk lalu tiba-tiba terjadi bencana banjir, bukan berarti kami butuh pengembalian seluruhnya, cukuplah kami dibantu pupuk untuk kembali memberi pupuk kepada tanaman padi kami,” ujarnya.


Persoalan ini lanjut Zakariah, perlu menjadi perhatian khusus Erwin Burase bila terpilih jadi Bupati pada Pilkada Parimo 2024. 


Sebab, ketersediaan pupuk sangatlah terbatas sedangkan jatah untuk para kelompok tani sudah terdistribusi semuanya kepada para anggotanya. Tentu, para petani akan sangat kesulitan untuk kembali memupuk tanaman padinya usai terendam banjir.


“Terkadang saat sudah memupuk padi, tanaman kami diserang banjir, di sinilah kadang kami kewalahan,” ungkapnya, Minggu malam (14/7/2024).


Erwin Burase, menanggapi terkait soal aspirasi para petani, menyatakan komitmennya untuk mengutamakan penyelesaian masalah-masalah petani sebagai salah satu prioritas utama apabila terpilih menjadi Bupati Parigi Moutong periode 2024-2029.


“Kesejahteraan petani merupakan salah satu fokus utama dalam program kerja kami. Olehnya kami berupaya semaksimal mungkin guna mengatasi masalah petani, termasuk soal ketersediaan pupuk, stabilitas harga produk dan peningkatan infrastruktur pertanian,” pungkas Erwin sapaan karibnya.(***)




Lebih baru Lebih lama