Ramai dan Seru Menyatu di Ajang City Tour Bhayangkara Kartini Run 2024


SAMBAR.ID// Jepara – Polres Jepara | Ajang lari  Bhayangkara Kartini Run 2024 bukan olahraga semata. Pasalnya, dalam event lari ini ada rangkaian acara yang penuh dengan kemeriahan dan keseruan yang menyatu dalam gelarannya. 


Salah satu diantaranya adalah program 'City Tour' yang menjadi bagian dari rangkaian pembukaan dimulainya kegiatan Bhayangkara Kartini Run 2024 yang digelar besok hari Minggu (14/7/2024). 


Sehat, bugar, gembira, seru dan menambah pengetahuan hingga wawasan akan sejarah dan budaya Kabupaten Jepara menghadirkan pengalaman tak terlupakan.


Seperti yang terlihat pada Hendar (29), salah satu peserta Bhayangkara Kartini Run 2024 yang berasal dari Kabupaten Grobogan, dimana ia menyampaikan kebahagiannya setelah mengikuti kegiatan city tour kloter pertama yang dibuka secara langsung oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dan di mulai pada pukul 10.00 WIB - 12.30 WIB dengan titik kumpul di Hotel Jepara Indah, Sabtu (13/7/2024). 


Hendar mengatakan, bahwa dalam kegiatan city tour ini, para peserta di ajak berkeliling secara gratis ke sejumlah objek bersejarah di Kabupaten Jepara. 


"Seperti, Museum R.A. Kartini, Pendapa R.A. Kartini Jepara, dan kompleks Makam Mantingan,” ungkap Hendar saat ditemui disela-sela kegiatan city tour di Museum R.A. Kartini Jepara, Sabtu (13/7/2024).


Ia mengaku senang bisa mengenal dan mengetahui tentang kondisi maupun sejarah dimasa lampau, meskipun dirinya sendiri bukan orang asli Jepara.


"Keren sekali ya, kota kecil seperti Jepara bisa mempunyai sejarah yang bagus hingga melahirkan sosok pahlawan-pahlawan yang berani berjuang mengangkat senjata untuk mengusir penjajah, yakni dr. Cipto Mangunkusumo, R.A. Kartini dan yang terbaru Ratu Kalinyamat," jelasnya. 


Disamping itu, ia berharap kegiatan city tour atau pengenalan Kota Jepara agar lebih ditingkatkan, bukan hanya sebatas sejarah maupun kebudayaan. Namun, bisa ditambah dengan potensi alam hingga obyek wisatanya.


"Kami berharap kedepan kegiatan city tour bisa ditambah dengan pengenalan potensi alam hingga obyek wisata, jadi bukan hanya sejarah saja," imbuhnya.


Apresiasi serupa juga datang dari  Rieke (24), salah satu peserta Bhayangkara Kartini Run 2024.


Wanita yang berasal dari Kabupaten Pati mengaku sangat terkesan setelah mengikuti kegiatan city tour dari rangkaian event Bhayangkara Kartini Run 2024.


"Saya sangat terkesan sekali dengan kegiatan city tour dari rangkaian event Bhayangkara Kartini Run 2024. Pasalnya, selain menambah pengetahuan akan kebudayaan Jepara, kita juga tahu ternyata Jepara punya sosok pahlawan emansipasi wanita yakni R.A. Kartini," ujarnya.


Lebih lanjut Rieke menyampaikan, "Selain mengenal sosok dan perjuangan R.A. Kartini, peserta city tour juga dikenalkan akan silsilah keluarga hingga pendidikan R.A. Kartini," ucapnya.


Ia juga berharap kegiatan-kegiatan positif seperti ini terus digelar dan dipertahankan.


"Ini luar biasa. Karena kegiatan ini baru saya jumpai di Kabupaten Jepara. Ada event lari yang dikemas dengan kegiatan city tour ke sejumlah objek bersejarah di Kabupaten Jepara. Tahun depan wajib ada ya event seperti ini lagi," pungkasnya.


Seperti diketahui, untuk pertama kalinya event Bhayangkara Kartini Run ini digelar pada 14 Juli 2024 mendatang, dengan target peserta yang jauh lebih besar dibandingkan target kuota peserta.


Acara yang diinisiasi oleh Polres Jepara itu merupakan bagian dari rangkaian peringatan ke 78 Hari Bhayangkara, dan diharapkan mampu mendongkrak sektor pariwisata dan ekonomi lokal di Kabupaten Jepara.


Proses pendaftarannya pun telah ditutup. Sejauh ini, dari target sekitar seribu peserta, pendaftarnya lebih dari itu.


Untuk memeriahkan kegiatan itu, nantinya para peserta juga akan diajak city tour di sejumlah objek bersejarah di Kabupaten Jepara.


Di antaranya Museum R.A. Kartini, Pendapa R.A. Kartini Jepara, dan kompleks Makam Mantingan.


Kegiatan city tour sendiri diikuti 400 peserta dan digelar pada hari Sabtu tanggal 13 Juli 2024 dengan titik kumpul di Hotel Jepara Indah.


Dimana akan dibagi menjadi 3 kloter yakni kloter pertama dari pukul 10.00 WIB – 12.30 WIB, kloter kedua dari pukul 13.00 WIB – 15.00 WIB dan kloter ketiga dari pukul 15.30 WIB – 17.30 WIB.


( Toni-Kabiro Jepara )

Sumber : humas polres Jepara 

Lebih baru Lebih lama