Puncak peringatan hari bhayangkara ke-78, polres ciamis gelar nobar pagelaran wayang kulit


Sambar.id, Ciamis - Puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024 ditutup dengan acara pagelaran Wayang Kulit oleh Mabes Polri. Pagelaran ini disiarkan secara langsung melalui kanal youtube dan disaksikan oleh seluruh jajaran Polri. 


Mulai dari tingkat Polda hingga Polres di seluruh Indonesia. Salah satunya itu yang dilakukan jajaran Polres Ciamis Polda Jabar. Dimana Polres Ciamis menggelar nonton bareng pagelaran wayang kulit dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-78 melalui kanal live streaming youtube dari Aula Pesat Gatra Mapolres Ciamis, Jalan Jenderal Sudirman No.271, Sindangrasa, Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jumat, 5 Juli 2024, malam.


Nobar tersebut dihadiri langsung oleh Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Akmal SH., S.I.K., M.H., dan Wakapolres Ciamis Kompol Muhammad Rustandi, S.I.K., beserta seluruh Pejabat Utama Polres Ciamis Polda Jabar. Tak hanya itu, Polres Ciamis Polda Jabar turut mengundang para unsur Forkopimda dan elemen masyarakat di wilayah Kabupaten Ciamis.


"Malam tadi kita bersama-sama menonton pagelaran wayang kulit dalam rangka Peringatan Hari Bhayangkara ke-78. Dimana lakon yang dimainkan yakni Tumurune Wiji Sejati yakni mengisahkan tentang lahirnya kesatria sejati yang cerdas dan sakti," ujar Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Akmal SH., S.I.K., M.H., dalam keterangan resminya, Sabtu (6/7/2024).


Kapolres Ciamis Polda Jabar menjelaskan, pagelaran wayang kulit tersebut menghadirkan dalang ternama. Tidak hanya dari eksternal tetapi juga ada dari internal Kepolisian yang menunjukan kemampuan memaenkan kesenian bangsa Indonesia berupa wayang kulit.


"Lakon pagelaran wayang kulit semalam dipandu oleh 4 orang dalang. Mereka diantaranya Ki Dr. H. Yanto SK., SH., M.H., yang merupakan Hakim Agung Makaham Agung, Ki Sri Kuncoro merupakan Perwira Menengah Polri, Ki Harso Widisantoso adalah Mayor TNI Angkatan Laut dan Ki. MPP. Bayu Aju Pamungkas," kata AKBP Akmal.


"Pagelaran Wayang Kulit itu dibuka secara langsung oleh Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dan dihadiri oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, SE., M.Si.," ucap AKBP Akmal menambahkan.


Kapolres Ciamis Polda Jabar menuturkan, pagelaran wayang kulit ini diharapkan mampu memberikan hiburan bagi masyarakat Indonesia. Terutama didalam berbagi kebahagian di momen bahagia Polri yakni Hari Bhayangkara ke-78.


"Kami turut mengucapkan kepada seluruh unsur Forkopimda dan elemen masyarakat Kabupaten Ciamis yang telah berpatisipasi menyukseskan Hari Bhayangkara ke-78," ucap AKBP Akmal.(d3r*)

Lebih baru Lebih lama