Pemkab Muna Gelar Upacara Peringati HUT Kabupaten Muna ke 65 Tahun


Sambar.ID, Muna, Sultra - Pemerintahan Daerah Kabupaten Muna menggelar Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke - 65, pada Kamis 4 Juli 2024 bertempat di lapangan Upacara Kantor Bupati Muna.


Dalam sambutannya, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muna, H. Bachrun mengatakan, bahwa  di tahun 2024 ini adalah tahun ke 3 (Tiga) dirinya bersama dengan Rusman Emba menjadi pemimpin Daerah. Dirinya tetap berkomitmen akan terus memberikan perhatian pada pembangunan infrastruktur, pelayanan dasar masyarakat seperti jalan, air bersih, sanitasi, pendidikan dan kesehatan.


"Hal lain, komitmen kami dalam memimpin roda pemerintahan adalah mengurangi tingkat pengangguran terbuka dan tingkat kemiskinan, mengendalikan tingkat inflasi dengan meningkatkan produksi dan bahan pangan strategis, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, ketahanan pangan serta mencegah dan menurunkan prevalensi Stunting serta mewujudkan program satu Desa produk komunitas unggulan," kata H. Bachrun.


Selanjutnya, kata H. Bachrun bahwa saat ini Kabupaten Muna terus menggenjot sektor pertanian melalui pengembangan jagung kuning yang saat ini telah di dukung dengan adanya pabrik jagung di Desa Bea Kecamatan Kabawo serta penyediaan lahan yang luas.


"Olehnya itu, saya mengajak kita semua untuk secara bersama-sama jadikan Kabupaten Muna sebagai sentra produksi jagung di Sulawesi Tenggara dan Nasional. Itu bukanlah hal yang mustahil, optimisme harus kita bangun dan tanamkan dalam diri Pemerintah dan Masyarakat," jelas H. Bachrun.


Disektor perhubungan, lanjut Plt Bupati Muna ini mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Muna telah membuka akses transportasi laut melalui pelayanan kapal Feri Raha-Maligano dengan menggunakan subsidi Daerah sehingga masyarakat yang menggunakan kapal feri tersebut tidak di pungut biaya.


Bachrun mengatakan, dalam tata Pemerintahan dan Pengelolaan Keuangan Daerah, Pemerintah Daerah Kabupaten Muna berhasil mencapai dan mempertahankan predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) secara berturut - turut 8 kali.


"Untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai, Pemerintah Daerah Kabupaten Muna menaikan TPP sebesar 4% untuk seluruh ASN pada tahun 2924. Bagi PNS dan PPPK yang sebelumnya belum dapat, InsyaAllah tahun ini bisa," kata H. Bachrun 


Khusus untuk tenaga Kesehatan dan Guru non sertifikasi, lanjut Bachrun mengatakan, Pemerintah akan menaikan 20% dari TPP yang diterima tahun 2023.


"Pembayarannya kita masih menunggu regulasi yang sekarang memasuki tahapan terakhir verifikasi berkas di Kementerian Keuangan Republik Indonesia, mudah-mudahan setelah izin keluar akan segera di bayarkan karena sudah tersedia dalam anggaran APBD 2024," tutup Bachrun. (SKY) 

Lebih baru Lebih lama