Operasi Patuh Candi, Polres Jepara Gelar Ramp Check Dan Pemeriksaan Kesehatan Sopir


SAMBAR.ID// Jepara – Polres Jepara | Operasi Patuh Candi Candi 2024 yang digelar Polres Jepara sejak 15 hingga 28 Juli 2024 tidak hanya sekadar penindakan pelanggaran, namun juga pencegahan.


Salah satu upaya pencegahan terjadinya kecelakaan lalu lintas (lakalantas) dalam operasi Patuh tersebut adalah Ramp Check kendaraan bus yang digelar di Garasi Bus KJM PUTRA Sinanggul, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Rabu (17/7/2024).


Kegiatan tersebut dilakukan oleh petugas gabungan yang terdiri dari Sat Lantas, Si Dokkes Polres dan Dishub Kabupaten Jepara kepada pengemudi dan bus yang akan perjalanan luar kota.


Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan melalui Kasi Humas Iptu Rusiyanto selaku Kasatgas Humas Ops Patuh Candi 2024 mengatakan, kegiatan kali ini difokuskan pada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Kendaraan yang akan beroperasional melayani angkutan umum masyarakat. 


“Kegiatan ini guna meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas. Juga memastikan bahwa semua armada bus dalam kondisi aman, nyaman dan layak beroperasi,” ujar Kasi Humas. 


Mengenai hasil Ramp Check yang dilaksanakan Dishub dan Sat Lantas Polres Jepara dengan melalukan pemeriksaan kendaraan seperti pengecekan ban, rem, lampu sen, lampu, apar, kelengkapan surat-surat kendaraan dan laik jalan.


“Dalam Pelaksanaan Rump Check dilakukan terhadap kendaraan Bus angkutan umum sebanyak 10 unit bus dengan pengecekan berupa dokumen kendaraan, kelengkapan kendaraan dan teknis laik jalan kendaraan,” ungkapnya.


Selain mengecek kondisi kendaraan, dalam kegiatan Ramp Check tersebut juga memeriksa kelengkapan surat-surat seperti SIM, STNK serta buku KIR.


“Ini dilakukan guna memastikan kendaraan dan pengemudi laik jalan, kendaraan yang dioperasionalkan layak dari sisi administrasi maupun teknis serta kesehatan sopir,” ucapnya.


“Disamping itu, kami juga melakukan pengecekan kesehatan dan tes urine terhadap sopir bus, serta pemberian vitamin,” sambungnya.


Iptu Rusiyanto juga menambahkan, bahwa saat melakukan semua pemeriksaan tersebut, petugas juga melakukan sosialisasi kepada penumpang soal pentingnya aspek keselamatan. Serta mengimbau agar para pengemudi tetap waspada dan berhati-hati dalam berkendara.


“Tentunya bagi para pengemudi tetap waspada dan berhati-hati, tetap menjaga waktu kerja, apabila lelah harus maka wajib untuk istirahat,” pungkasnya. 


(hms)

Lebih baru Lebih lama