Meriahnya Ruwatan Bumi Desa Bumireja kecamatan Kedungreja



Cilacap, jateng .Sambar .ID

"Tradisi ruwatan Bumi atau sedekah bumi atau Suran  ini menjadi budaya tradisi masyarakat Jawa ,ini merupakan warisan leluhur jaman para wali songo  yang terus  membudaya kelestarianya dan sudah  jadi tradisi bulan Suran bagi warga masyarakat  Desa Bumireja .


"Bertempat Di kediaman Kepala Desa Bumireja  Bambang imam  turmuji ,  kegiatan Suran atau Ruwatan bumi dan pagelaran wayang kulit   warga masyarakat Desa Bumireja di laksanakan , tepatnya  pada hari Sabtu Tanggal 20/06/Juli .


"Kegiatan yang di awali dengan ruwatan bumi  pada sore hari ,yaitu  masyarakat berkumpul dari seluruh Dusun  dengan membawa berbagai aneka masakan Tumpeng dan berbagi jenis  untuk di makan bersama sama ,menurut masyarakat desa bumireja  sarwin  mengatakan ini suatu bukti kebersama,an  dan keguyuban lebih lanjut Sarwin berharap masyarakat hidup makmur ,aman dan damai Kades Bambang dan keluarganya juga sehat dan di mudahkan segala urusannya ucap sarwin .


"Pagelaran wayang kulit semalam suntuk  adalah acara inti yang di hadiri  para pejabat Forkompimcam 

Kapolsek Kedungreja  AKP Suparjo ,Babinsa Dan Babinkamtibmas , Seluruh Kades  yang ada di wilayah Kedungreja ,Sidareja dan gandrungmangu , Dan  para Tokoh masyarakat . 


" pagelaran wayang kulit semakin semarak karena kehadiran para Tokoh masyarakat Kedungreja yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Tasyakuran masyarakat desa Bumireja ,Bambang Kancil nama yang sangat Familiyar di kenal  masyarakat di wilayah Cilacap Barat  seorang pengusaha sukses asli Kedungreja dengan membawa rombongan nonton bareng dan juga kecinta,anya akan budaya tradisi  Suran  ,Saya menyempatkan hadir nonton bareng dan juga  ikut berpartisipasi di kegiatan Memetri bumi dan menyambut tahun baru Islam yang ke 1446 hijriah.


"Bambang imam turmuji  selaku Kades Bumireja dalam sambutanya mengatakan puja dan puji syukur kepada Alloh Yang Maha Esa atas berkat Rahmatnya kita bisa berkumpul dalam acara memetri bumi ,lebih lanjut Kades Bumireja menegaskan bahwa kegiatan memetri bumi ini murni kegiatan masyarakat desa bumireja bukan kegiatan saya peribadi atau kegiatan lain ,ini murni pesta masyarakat Desa Bumireja dan hampir tiap tahun di laksanakan dan Dana anggaran ini juga dari Donasi Masyarakat Desa Bumireja.


"Dalam kesempatan Tasyakuran Ruwat bumi di bulan Suran  ini kades Bumireja berharap semoga masyarakat dapat hidup ,tentram , makmur ,gemah Ripah Lo jinawi dan  terhindar dari Mala bahaya .


"Penyerahan Lakon wayang ke dalang Eko suwaryo  sebagai tanda pagelaran  wayang kulit akan di mulai . 


" dalam Wawancara Awak media Sambar.ID  dengan pengusaha  yang asli orang  Kedungreja Bambang Kancil nama akbrabnya mengatakan Ini bukan acara kegiatan saya  ini kegiatan lokal kegiatan asli masyarakat desa bumireja saya hadir menghormati atas undanganan Tasyakuran  warga masyarakat Desa Bumireja  dan  nonton bareng pagelaran wayang kulit semalam suntuk  pas kebetulan  kades Bumireja adalah saudara saya  dan warga masyarakat desa Bumireja  sendiri sudah tau siapa saya  ucapnya .


"Lebih lanjut Bambang Kancil  mengatakan kita harus saling menghargai satu sama yang lainya dan santun serta bijak dalam membaca situasi  atas perbeda,an dan dinamika yang berkembang di  masyarakat . Tutup Bambang  Kancil Sapa,an akrabnya.


(Sugeng Rahmat )


Lebih baru Lebih lama