Mengawali Musim Tanam Pemdes Kebondanas Bersama Petani Melaksanakan Gerakan Pengendalian Hama Tikus



Sambar.id, SUBANG, JABAR - Mengawali musim tanam gadu Pemerintah Desa (Pemdes) Kebondanas, Kecamatan Pusakajaya, Kabupaten Subang bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) melakukan gropyokan tikus secara massal, Senin (08/07/2024).


Gerakan pengendalian (Gardal)  hama tikus yang dilaksanakan di areal persawahan blok Rangkub 1 kebondanas selatan ini merupakan bentuk kearifan lokal yang bertujuan untuk membasmi hama tikus yang dapat merusak tanaman padi para petani.

Selain itu, gropyokan juga dapat menumbuhkan rasa gotong royong antar para petani dan dapat menjalin silaturahmi," tutur Kepala Desa Kebondanas Candra Adi Sonjaya.

"Kami  bersama para petani  bersama - saman melaksanakan gropyokan  pengendalian hama tikus dengan melakukan pemburuan langsung atau membunuh tikus secara langsung," ucap Kades.

Selain itu Candra menjelaskan, gropyokan hama tikus tersebut memiliki dimensi moral yang baik, karena pelaksanaanya tidak dapat dilakukan secara individu sehingga gaya hidup gotong royong dan tolong menolong tergambar dalam metode pemberantasan hama tikus tersebut," jelasnya.

"Diharapkan apa yang kami lakukan ini dapat mengurangi hama tikus di sawah dan menjadikan area sawah ini mampu menghasilkan panen padi yang maksimal,” Ungkap Candra.(*)
Lebih baru Lebih lama