Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah P5A Ciasem Melaksanakan Binluh



Sambar.id, SUBANG, JABAR - Dalam rangka pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Kepala UPTD P5A Kecamatan  Ciasem Kabupaten Subang, S  Martanegara melaksanakan Bimbingan dan Penyuluhan (Binluh) yang dilaksanakan di sekolah SMPN 3 dan SMPN 1 Kecamatan Ciasem, Rabu (17/07/2024).


Kepala UPTD P5A Ciasem,  mengatakan, bahwa kegiatan MPLS di desain untuk memetakan potensi, bakat dan minat serta kondisi peserta didik baru untuk diketahuai oleh para pembina untuk dijadikan baseline dalam pendampingan dan fasilitasi peserta didik pada masa yang akan datang.

"Kegiatan MPLS ini juga untuk memperkenalkan budaya sekolah, kondisi sekolah serta untuk membangun semangat dan kepercayaan diri peserta didik baru. Selain itu membangun interaksi positif yang menghasilkan karakter positif pula,” ucap S Martanegara.

Selain itu menurut Abang Rambe sapaan S Martanegara mengatakan kegiatan ini juga  bertujuan untuk  membantu para siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah serta menumbuhkan motivasi, cara belajar, dan semangat belajar yang tinggi," ujarnya.


Mantan Kasi Trantib Kecamatan Pusakanagara ini menekankan terkait
Bullying, kerugian tauran, dampak sex bebas, prilaku adat barat yang tidak patut di tiru serta bahaya narkoba yang dapat merusak masa depan generasi muda. Ia menerangkan bahwa masa remaja adalah masa yang rentan terhadap pengaruh negatif.

"Kenakalan remaja, sex bebas dan penyalahgunaan narkoba adalah ancaman nyata bagi masa depan kalian. Hindari pergaulan yang buruk dan fokuslah pada pendidikan,” tegasnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Susi Sulstri  penanggungjawab program Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mengungkapkan, bahwa salah satu fokus dalam MPLS adalah bagaimana  memperkenalkan lingkungan dan budaya sekolah serta sarana dan prasarana sehingga siswa dapat melaksanakan adaptasi sehingga menjadi warga sekolah yang gembira dan penuh semangat dalam menjalankan proses pembelajaran kelak," ungkapnya. (*)
Lebih baru Lebih lama