Kapolsek Bersama Camat Pusakanagara Giat Monitoring ILP UPTD Puskesmas Pusakanagara



Sambar.id, SUBANG, JABAR - Kapolsek Pusakanagara, Polres Subang, Polda Jabar, bersama Camat Pusakanagara melaksanakan monitoring  Giat Integritas Layanan Primer (ILP) oleh Puskesmas Pusakanagara yang bertempat  di Desa Mundusari Kecamatan Pusakanagara, Kamis (18/07/2024).


Kepala UPTD Puskesmas Pusakanagara dr Ade Wawan yang diwakili oleh petugas Survailans H Surita menyampaikan,  bahwa Integrasi Layanan Primer merupakan bagian dari kegiatan transformasi pelayanan kesehatan primer yang merupakan pilar pertama dari Transformasi Sistem Kesehatan (TSK) yang digagas oleh Kemenkes RI dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mengatasi masalah kesehatan, antara lain kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, kesehatan reproduksi, perbaikan gizi masyarakat, pengendalian penyakit, Germas, serta pengendalian obat dan makanan," tutur H Surita.



"Upaya ILP
ini diyakini mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara umum sesuai dengan tujuan transformasi sistem kesehatan pada pilar pertama," ucapnya.

Lebih lanjut dalam giat ILP ini H Surita mengharapkan, pertama yaitu agar siklus hidup menjadi fokus pelayanan kesehatan, sekaligus sebagai fokus penguatan promosi. Kedua, integrasi jejaring pelayanan kesehatan primer hingga tingkat Dusun dan Desa  termasuk untuk memperkuat promosi dan pencegahan serta resiliensi terhadap pandemi, dan yang ketiga memperkuat pemantauan wilayah setempat (PWS)," ungkapnya.


Sementara itu Kapolsek Pusakanagara Kompol Dr.R. Jusdijachlan, S.H, M.M, CHRA, mengatakan dengan adanya orientasi dan pendampingan ILP ini, diharapkan layanan kesehatan primer di Pusakanagara lebih meningkat dan lebih mudah diakses oleh masyarakat, sehingga tercipta kondisi kesehatan yang lebih baik dan lebih merata di seluruh Desa se-kecamatan Pusakanagara.


"Kami berharap dengan pelayanan primer atau pelayanan langsung kepada masyarakat memungkinkan layanan kesehatan lebih dekat dengan masyarakat, terutama yang berada di daerah pelosok dan tidak usah jauh jauh datang ke Puskesmas," ungkap Kapolsek.


Hadir dalam kesempatan tersebut  Kapolsek Pusakanagara, Kompol Dr.R. Jusdijachlan, S.H, M.M, CHRA,  Camat Pusakanagara Drs Rahmat Hidayat, M.SI Kepala Puskesmas yang diwakili petugas Survailans H.Surira, Kepala Desa Mundusari Carban Ginanjar, Kepala Desa Gempol Edy Wirana, Kasi Pem Kecamatan Pusakanagar, Kader Pos Yandu, Ibu dan anak serta warga lainnya. (*)
Lebih baru Lebih lama